Dark/Light Mode

Tak Ada Kemacetan Panjang Selama Mudik Lebaran

Andre Rosiade Puji Kerja Jasa Marga, Korlantas, hingga Kemenhub

Sabtu, 13 April 2024 17:21 WIB
Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade (Foto: Istimewa)
Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade mengapresiasi kerja Jasa Marga, Korlantas Polri, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang berhasil mengantisipasi kemacetan parah selama arus mudik Lebaran 2024. Andre menilai, upaya para pihak terkait berhasil memberi rasa nyaman para pemudik.

"Alhamdulillah sangat sukses. Kita bisa lihat tidak ada kemacetan yang berarti," kata Andre, dalam konferensi pers usai meninjau langsung kesiapan arus balik Lebaran 2024, di Km 70, Sabtu (13/4).

Legislator Fraksi Gerindra itu memandang, para stakeholder telah bekerja keras membuat arus mudik lancar. Andre menyambut baik hasil persentasi dari Jasa Marga, Korlantas, dan Kemenhub dalam mengantisipasi arus balik. Salah satu upaya pemerintah yang mendapat apresiasi Andre adalah menyiapkan jalur contra flow bagi pemudik yang balik.

Baca juga : Selama Mudik Lebaran 2024, Bosch Berikan Harga Spesial Wiper Bosch Advantage

"Yang pertama, bagaimana Jasa Marga menyiapkan jalur contra flow. Contra flow itu disiapkan oleh Jasa Marga sampai bisa tiga jalur," kata Andre.

Kedua, kata Andre, Jasa Marga juga sudah menyiapkan kelengkapan contra flow, yang di setiap 5 Km terdapat safety car dari kepolisian untuk mengingatkan pemudik tetap berhati-hati dan jangan sampai mengantuk.

Di sisi lain, Andre juga mengimbau kepada para pemudik agar betul-betul menyiapkan diri untuk arus balik. Terpenting, pemudik yang melalui contra flow diharapkan pemudik dalam keadaan fit. "Pemudik diharapkan betul-betul mengikuti aturan dan rambu-rambu," ucapnya.

Baca juga : Top! Pemerintah Diskon Tol 20 Persen Selama Mudik Dan Balik, Catat Tanggalnya

"Ketiga, tentu harapan kami pemudik yang mengikuti kontra flow harus mengikuti imbauan dari aparat dan petugas. Ini sangat penting untuk mengantisipasi kecelakaan," kata Andre.

Andre juga mengapresiasi langkah Jasa Marga yang memberikan diskon 20 persen bagi para pemudik yang pulang pada 17-19 April 2024. Menurutnya, kebijakan ini sebagai solusi untuk mencegah kemacetan yang luar biasa saat arus balik.

"Ini untuk mengurai kemacetan dan mengurai beban dari arus balik yang puncaknya tanggal 15 ini. Kita apresiasi, kita hargai langkah Jasa Marga ini. Ini merupakan solusi yang ditawarkan oleh Jasa Marga," katanya.

Baca juga : Kakorlantas Terapkan Skema Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran, Catat Jadwalnya

Terakhir, Andre mendukung permintaan beberapa pihak seperti Menteri Perhubungan, Kakorlantas, Kapolri, hingga Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan yang mendorong agar kantor-kantor melakukan Work from Home (WFH) atau bekerja dari luar kantor selama puncak arus balik Lebaran 2024.

"Mudah-mudahan kita harapkan, permintaan pemerintah melalui Menko PMK, Kemenhub, Kakorlantas, dan pihak Mabes Polri, bisa terlaksana (pihak swasta). Supaya kita menghindari kemacetan yang luar biasa di tanggal 15 besok. Dalam dua hari ke depan tanggal 14 dan 15," kata Andre.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.