Dark/Light Mode

Bertemu FKPPI, Pemuda Pancasila & IMI Riau

Bamsoet Tegaskan Pancasila Merupakan Fondasi Bangsa & Negara Indonesia

Jumat, 31 Mei 2024 22:31 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) bertemu perwakilan Pengurus Pemuda Pancasila, FKPPI, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Riau, di Pekanbaru, Jumat (31/5). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) bertemu perwakilan Pengurus Pemuda Pancasila, FKPPI, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Riau, di Pekanbaru, Jumat (31/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak seluruh elemen bangsa untuk mau menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bangsa Indonesia dengan wilayah yang sangat luas dan penduduk dengan beragam latar belakang, bisa terpecah belah, seperti yang terjadi di Timur Tengah ataupun belahan dunia lain, jika tidak memedomani Pancasila.

Bamsoet menyatakan, sangat sukar membayangkan Indonesia tanpa Pancasila. Ibaratnya sebuah rumah, Pancasila adalah fondasi yang kuat sehingga mampu menopang Indonesia agar kokoh dan tidak roboh.

Baca juga : Bamsoet Dukung Pembangunan Pabrik Cetakan Ban di Cirebon

"Karena Pancasila, semua kebhinekaan yang ada tidak membuat kita terpecah. Tetapi diikat menjadi suatu kekuatan besar," ujar Bamsoet, usai menerima perwakilan Pengurus Pemuda Pancasila, FKPPI, dan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Riau, di Pekanbaru, Jumat (31/5).

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, tantangan ke depan yang dihadapi bangsa Indonesia akan sangat berat. Berbagai bentuk penggerusan nilai Pancasila akan semakin dahsyat.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Prestasi Robotika Indonesia

Karenanya, harus ada kesadaran kolektif seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak menjadikan Pancasila sekadar hafalan di luar kepala maupun hiasan di dinding rumah dan kantor. Terpenting adalah menghayati, mengamalkan dan menjaga Pancasila.

"Kita harus mewaspadai segala upaya yang merusak ideologi Pancasila untuk menghancurkan bangsa Indonesia. Mari bersama jaga dan junjung tinggi Pancasila dari berbagai serangan ideologi lain yang tidak senafas dengan nilai-nilai kehidupan sosial masyarakat Indonesia," kata Bamsoet.

Baca juga : Penetrasi Internet Telkomsel Berdampak Positif Bagi Ekonomi Digital Indonesia

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, untuk membumikan Pancasila tidak memerlukan konsep yang muluk-muluk. Karena sesungguhnya nilai nilai Pancasila selalu hadir dan dapat ditemukan dalam keseharian.

"Bersikap ramah kepada sesama, memberikan bantuan kepada fakir miskin, mengedepankan musyawarah dalam memutuskan suatu persoalan merupakan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila. Membumikan Pancasila adalah 'menemukan kembali' nilai kegotongroyongan dalam berbagai aspek kehidupan sebagai sebuah bangsa," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.