Dark/Light Mode

September, Paus Fransiskus Akan Berkunjung Ke Indonesia

Jumat, 12 April 2024 23:58 WIB
Paus Fransiskus
Paus Fransiskus

RM.id  Rakyat Merdeka - Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada tangal 3—6 September 2024.

Menurut pernyataan tertulis di Jakarta, pada Jumat (12/4), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan, bahwa Indonesia siap menyambut kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

“Undangan Presiden RI Jokowi kepada Paus Fransiskus telah disampaikan melalui Duta Besar Takhta Suci Vatikan di Jakarta pada tanggal 25 Maret 2024,” demikian pernyataan Kemlu.

Baca juga : Siap-Siap, Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia 3-6 September 2024

Untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus, Pemerintah Indonesia terus melakukan persiapan kunjungan baik bersama Takhta Suci Vatikan maupun pemangku kepentingan terkait.

Kemlu menyebut, bahwa kunjungan Sri Paus ke Indonesia memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, tidak hanya bagi umat Katolik, namun juga bagi seluruh umat beragama.

“Kunjungan ini diharapkan akan memperkuat pesan toleransi, persatuan, dan perdamaian dunia,” kata Kemlu dikutip Antara.

Baca juga : Berbagi Ramadhan, Pelindo Gelar Bantuan Di Seluruh Indonesia

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebelumnya turut memastikan Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada September mendatang, dan pemerintah sudah mendapatkan surat pemberitahuan dari otoritas Vatikan terkait hal tersebut.

"Berdasarkan surat dari Vatikan yang diterima Pemerintah Indonesia, Paus Fransiskus akan hadir pada 3 September 2024. Ini tentu menjadi suatu kehormatan bagi bangsa Indonesia," ujar Yaqut dalam keterangannya pada Minggu (31/3).

Sementara itu, Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo pada Senin (8/4) menyatakan bahwa kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus ke Indonesia menegaskan kembali kedekatan hubungan antara Indonesia, khususnya umat Katolik Indonesia, dengan Vatikan.

Baca juga : Sinar Mas & LG CNS Dirikan Perusahaan Patungan Teknologi

Kardinal Suharyo juga menyebut kunjungan tersebut memiliki makna historis yang sangat mendalam yang telah terjalin sejak kemerdekaan Indonesia.

Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian kunjungannya pada September 2024. Setelah Indonesia, Sri Paus akan berkunjung ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Paus Fransiskus sebelumnya berencana melakukan kunjungan ke Indonesia pada 2020, namun rencana tersebut urung dilaksanakan akibat pandemi COVID-19 yang merebak di seantero dunia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.