Dark/Light Mode

Jumlah WNI Positif Corona Terus Bertambah, Puan Prihatin

Rabu, 11 Maret 2020 14:31 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram Puan Maharani)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: Instagram Puan Maharani)

RM.id  Rakyat Merdeka - Terus bertambahnya jumlah WNI yang positif Covid-19 alias corona membuat Ketua DPR, Puan Maharani prihatin. Dia meminta, pemerintah segera bentuk Tim Nasional (Timnas) Penanganan Virus Covid-19.

"Sejak wabah ini merebak, berkali-kali mengingatkan pemerintah agar segera membentuk Tim Nasional penanganan wabah virus corona yang bersifat terpusat agar penanganan wabah korona terkoordinasi, terpadu, dan terintegrasi," kata Puan di Jakarta, Rabu (11/3).

Baca juga : Pasien Positif Corona Jadi 27 Orang, Diduga dari Transmisi Lokal

Dalam operasionalnya, timnas itu dapat berbentuk Satuan Gugus Tugas (Satgas) yang bersifat lintas kementerian dan lintas daerah sehingga upaya-upaya penanganan bisa terukur dan memenuhi protokol standar Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO).

Menurut dia, pemerintah masih membahas pembentukan satgas terkait penanganan corona. 

Baca juga : Jokowi Tak Tenang

Namun, pihaknya mendesak pemerintah segera bekerja sama dengan komunitas-komunitas internasional dalam upaya mengatasi wabah coroma. Termasuk mengadopsi pengalaman-pengalaman negara lain yang berhasil meredam wabah tanpa korban jiwa.

Eks Menko Pembangunan Manusia dan Kabudayaan itu meminta, pemerintah meningkatkan perlindungan untuk mencegah penyebaran virus korona. Proses imi harus diikuti langkah-langkah isolasi yang disiplin kepada mereka yang positif dengan mencegah pergerakan mereka sehingga mengurangi resiko penularan lokal.

Baca juga : Telkomsel Perkuat Jaringan di Pulau Sebaru Kecil

Puan juga meminta proses screening dan pengambilan sampel warga yang terindikasi gejala virus Covid-19 diperbanyak sehingga meminimalisir kebocoran data warga yang terpapar COVID-19 dan menimbulkan kepanikan.

"Para anggota DPR dan tim-nya diharapkan aktif memantau, mendata lalu melaporkan warga yang terindikasi gejala-gejala virus corona kepada petugas kesehatan setempat. Rumah-rumah aspirasi serta posko-posko anggota DPR di dapil masing-masing bisa diaktifkan sebagai posko pemantauan sekaligus posko sosialisasi pencegahan wabah virus corona," ujar Puan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.