Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Fasilitasi Rapid Test bagi Wartawan Press Room MPR

Kamis, 2 April 2020 17:17 WIB
Pelaksanaan rapid test bagi wartawan Press Room MPR. (Foto: Istimewa)
Pelaksanaan rapid test bagi wartawan Press Room MPR. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo memfasilitasi rapid test Covid-19 untuk para wartawan press room MPR/DPR/DPD, di Kompleks Pelemen, Jakarta, Kamis (2/4). Politisi yang akrab disapa Bamsoet itu menegaskan, dalam perang menghadai Covid-19, para wartawan sama halnya seperti para dokter dan tenaga kesehatan yang rawan terpapar. Jika para dokter dan tenaga kesehatan bersentuhan langsung dengan pasien, wartawan pun tak jauh berbeda, harus bergerak kesana kemari bertemu banyak orang demi mendapatkan informasi yang akurat untuk disajikan ke masyarakat.

"Rapid test ini merupakan lanjutan dari perhatian MPR kepada para wartawan. Setelah sebelumnya MPR juga sudah memberikan paket bantuan kebutuhan kesehatan seperti masker, sarung tangan, jamu, dan hand sanitizer dalam program 'MPR RI Peduli - Fight Corona'. Memberikan perhatian kepada wartawan, sekaligus menjamin kualitas informasi sehingga masyarakat bisa tetap mengetahui berbagai perkembangan seputar Covid-19 melalui berita yang disajikan para wartawan," ujarnya, saat acara Rapid Test Covid-19 Wartawan MPR.

Baca juga : DPP Golkar Salurkan APD Untuk Para Medis

Sebagai orang yang pernah bergelut di dunia jurnalistik, Bamsoet ikut merasakan degup kegelisahan para wartawan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Di satu sisi tak ingin terinfeksi dengan cara menghindari kerumunan maupun menjaga jarak dengan orang lainnya. Namun disisi lain karena tuntutan pekerjaan, wartawan tak mungkin bekerja secara work home maupun melakukan aktivitas di rumah saja. 

"Perhatian yang diberikan MPR kepada para wartawan ini sekaligus juga untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para anggota keluarganya yang ikhlas melepas mereka tugas di tengah pandemi Covid-19. Sehingga para wartawan pulang ke rumah tetap bisa membawa nafkah, bukan malah membawa virus Covid-19," tutur Bamsoet.

Baca juga : Aktivis Minta Rapid Test Anggota DPR Dibatalkan

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini juga mendorong instansi lembaga negara lainnya untuk melakulan hal serupa, memfasilitas rapid test para wartawan yang sehari-hari bertugas disana. Begitupun masing-masing kantor berita tempat para wartawan bekerja, harus selalu menekankan 'safety first' ketimbang memaksakan kehendak demi sebuah informasi berita.

"Mendapatkan informasi sebagai bahan menyajikan berita memang penting. Namun nyawa tak kalah pentingnya. Kita memang tak bisa membayangkan apalagi para wartawan berhenti bekerja, tak akan ada informasi yang bisa di dapat masyarakat. Namun kita juga tak bisa membayangkan apalagi dalam menjalankan pekerjaannya, para wartawan tak mendapat bekal yang cukup sehingga malah mengorbankan nyawa," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.