Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Bantu Ratusan Alat Rapid Test untuk Keluarga Besar Denjaka TNI AL

Minggu, 16 Agustus 2020 17:45 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) menyaksikan pelaksanaan Rapid Test Covid-19 bagi keluarga besar Denjaka TNI AL, di Kompleks Marinir Cilandak, Jakarta, Minggu (16/8). (Foto: Dok, MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) menyaksikan pelaksanaan Rapid Test Covid-19 bagi keluarga besar Denjaka TNI AL, di Kompleks Marinir Cilandak, Jakarta, Minggu (16/8). (Foto: Dok, MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyalurkan bantuan 300 alat rapid test untuk keluarga besar Detasemen Penanggulangan Teror Aspek Laut TNI Angkatan Laut, Detasemen Jalamangkara (Denjaka). Tak bisa dipungkiri, walaupun para prajurit Denjaka terlatih luar biasa memiliki kemampuan tempur di tiga matra (Laut, Darat dan Udara), bahkan satu personil Denjaka dikabarkan bisa mewakili kemampuan 120 prajurit TNI biasa, namun bukan berarti mereka kebal terhadap Covid-19. Kewaspadaan dan antisipasi tetap diperlukan, salah satunya melalui screening secara berkala menggunakan rapid test.

"Para prajurit dan keluarganya harus terjaga keselamatan, keamanan, dan kesehatannya Covid-19 yang sangat kecil bahkan tak kasat mata ini, tak boleh disepelekan. Bahkan oleh seorang prajurit TNI terlatih sekalipun. Dengan disiplin menjalankan screening berkala melalui rapid test, diharapkan setiap prajurit dalam kondisi prima, siap bertugas kapanpun diperlukan demi menjaga kedaulatan Indonesia," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menyaksikan pelaksanaan Rapid Test Covid-19 dan menyerahkan bantuan 300 pack rapid test kepada Komandan Denjaka Kolonel Marinir TNI AL Nanang Saefulloh, di Kompleks Marinir Cilandak, Jakarta, Minggu (16/8).

Baca juga : Bamsoet: Jadikan Momentum HUT RI untuk Merdeka dari Covid-19

Mantan Ketua DPR ini menjelaskan, selain bisa digunakan untuk internal keluarga Denjaka, bantuan rapid test ini juga bisa digunakan Denjaka untuk membantu masyarakat sekitar komplek. Kondisi pamdemi Covid-19 seperti saat ini menuntut semua pihak saling bergandengan tangan, bergotong royong memberikan bantuan sekecil apa pun kepada sesama anak bangsa.

"Virus Covid-19 ini, harus diakui telah merepotkan kita semua. Bahkan tentara pun dibuat kelimpungan. Namun dalam kondisi sulit seperti inilah kita bisa memiliki waktu untuk kembali merenung dan mengingat bersama, bahwa kekuatan utama bangsa bukan hanya terletak pada kekuatan tentara, maupun kekayaan alam semata. Kekuatan utama bangsa ini terletak pada semangat solidaritas dan gotongroyong," jelas Bamsoet.

Baca juga : Aset Penting, Keharmonisan dan Kerukunan Pemeluk Agama Bisa Jadi Senjata Perangi Covid

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini juga mengapresiasi kerja keras TNI melalui Angkatan Darat yang turut mendukung Universitas Airlangga, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Polri dalam menemukan obat penangkal Covid-19. Jika sukses, obat yang yang sedang menunggu izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini diklaim sebagai obat Covid-19 pertama di dunia.

"Mungkin banyak yang mencibir atau bahkan tak percaya terhadap penemuan ini. Tapi itu bukan masalah. Waktulah yang akan menjawab, optimisme dan kerja keras yang telah dilakukan keluarga besar TNI, Polri, BIN, dan Universitas Airlangga ini. Waktu jugalah yang akan mengajarkan kepada kita, percaya terhadap anak bangsa merupakan salah satu wujud solidaritas dan gotongroyong membangun bangsa," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.