Dark/Light Mode

Kunjungi Keraton Sumenep

Gus Jazil Puji Penyebaran Islam di Pulau Garam 

Jumat, 21 Agustus 2020 10:12 WIB
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (kanan) saat mengunjungi Keraton Sumenep, Jawa Timur, Kamis (20/08).
Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (kanan) saat mengunjungi Keraton Sumenep, Jawa Timur, Kamis (20/08).

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu tempat dikunjungi Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid (Gus Jazil) di Pulau Madura, Keraton Sumenep. Di sini, Gus Jazil  mengenang peran kesultanan dalam melakukan penyebaran agama Islam tanpa merusak tradisi dan budaya yang sudah ada. Menurutnya, para Raja tetap menghargai kebiasaan dan budaya yang dilakukan oleh masyarakat. Mereka tidak kaku dalam masalah-masalah tertentu ketika mereka berdakwah.

“Islam hadir di Sumenep tanpa menghilangkan budaya-budaya yang ada. Hingga Islam bisa berpadu antara ajaran agama dengan budaya, sehingga peradaban dan kerukunan tetap terjaga,” kata Gus Jazil di Sumenep, Jawa Timur, Kamis (20/8).  

Baca juga : Gus Jazil Ikut Acara Khataman Al Quran  

Pria asal Pulau Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur itu berharap, perpaduan antara Islam dan Budaya, tetap berjalan dengan baik. tradisi dan syiar harus tetap dihidupkan.

“Bangunan fisik makam para Raja dan Wali tetap bisa dirawat dan dijaga,” ujarnya. 

Baca juga : Ginting Juara, Menpora Puji Penyelenggaraan PBSI Home Tournament

  Bila orang datang ke Sumenep,  lanjut  Gus Jazil, dirinya yakin mereka akan ingat bahwa di tempat ini Islam menghargai kebudayaan. Diharapkannya, orang datang ke Sumenep tidak hanya sekadar tahu dan mencari sumber daya alam.  Tapi rasakan juga keserasian antara agama Islam dan budaya masyarakat

  Dengan merawat apa yang ada, Gus Jazil yakin semangat perjuangan para Raja akan terus hidup dan menggelora di tengah masyarakat Madura dan Indonesia. (QAR/TIM).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.