Dark/Light Mode

Bamsoet Harapkan Peran TNI Putus Penularan Corona

Minggu, 4 Oktober 2020 19:18 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo.
Ketua MPR Bambang Soesatyo.

RM.id  Rakyat Merdeka - Peringatan hari ulang tahun (HUT) TNI diharapkan bisa menjadi momentum untuk  menunjukkan peran militer  dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 dan menghadapi resesi ekonomi.

Harapan itu dikemukakan Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyambut HUT TNI yang jatuh pada 5 Oktober. 

Dia menuturkan, peringatan hari jadi TNI tahun ini diperingati ketika bangsa dan negara berada di zona resesi ekonomi dan di tengah Pandemi Covid-19. 

Baca juga : Pemkot Banjarmasin Gercep Siapkan 5 Strategi Penanganan Corona

"TNI sebagai salah satu unsur kekuatan bangsa wajib tampil dan mengambil bagian dalam proses penyelesaian dua masalah itu," ujar Bamsoet.

Dia mengungkapkan,  kasus Covid-19 banyak terjadi di daerah yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi, khususnya di pulau Jawa.Kota-kota besar di Jawa masih mencatat penambahan kasus baru dalam jumlah yang besar.

Hingga Sabtu (3/10), jumlah pasien Covid-19 di Indonesia mencapai 299.506 orang, dengan kenaikan per hari lebih dari 4.000 kasus baru.

Baca juga : Bamsoet: Peran TNI Dibutuhkan Hadapi Resesi dan Pandemi Covid-19

Fakta itu, lanjut Bamsowt, mempersulit upaya pemulihan ekonomi nasional. Resesi ekonomi tidak bisa dihindari ketika peningkatan kasus Covid-19 di dalam negeri semakin mencemaskan.

"Karena itu, cepat atau lambat, kecenderungan ini harus bisa dihentikan. Sikap bijak harus dikedepankan agar ekses resesi ekonomi dan pandemi Covid-19 bisa diminimalisir,” kata Bamsoet.

 Ketua DPR RI ke-20 itu berharap, efektivitas peran dan fungsi TNI mendorong kepatuhan masyarakat mematuhi protokol kesehatan terus dimaksimalkan. Sehingga, target menurunkan jumlah kasus Covid-19 bisa segera terwujud. Dengan jumlah kasus Corona  yang minim, upaya mengakselerasi pemulihan ekonomi bisa segera dimulai.

Baca juga : Ivanka Trump dan Suaminya Nggak Kena Corona

“Untuk mewujudkan sinergi yang kuat dan produktif, saya menyarankan agar para pangdam meningkatkan koordinasi dengan semua pemerintah daerah di pulau Jawa. Semua harus sepakat bahwa potensi penularan Covid-19 harus bisa dimininalisir," pungkasnya. QAR

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.