Dark/Light Mode

Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati

Perkuat Deteksi Dini Covid, Produksi Alat GeNose C19 Perlu Digenjot

Kamis, 4 Februari 2021 09:20 WIB
Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati (Foto: DPR)
Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi IX DPR Elva Hartati mengatakan, produksi alat pengetesan Covid-19 buatan dalam negeri, GeNose C19, perlu ditingkatkan intensitasnya secara massal. Agar dapat memperkuat deteksi dini penularan Covid.

"Kami berharap alat penyaringan (screening) ini bisa diperbanyak produksinya, supaya dapat menjangkau seluruh masyarakat," kata Elva dalam keterangannya, Kamis (4/2).

Baca juga : Komisi III Yakin Institusi Polri Akan Jadi Lebih Baik

GeNose C19 memiliki tingkat keakuratan tinggi dalam mendeteksi virus Corona. Sampai 90 persen. Tarifnya yang hanya Rp 20 ribu pun jauh lebih murah dibanding tarif rapid test antigen di stasiun, yang harganya mencapai Rp 105 ribu.

GeNose C19 adalah alat screening Covid-19 yang dibuat oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). Alat berbasis embusan napas ini, meniru cara kerja hidung manusia, dengan memanfaatkan sistem penginderaan (larik sensor gas) dan kecerdasan buatan (artificial intelligence), untuk membedakan pola senyawa yang dideteksi.

Baca juga : Gantikan Eriko, Dolfie Ditetapkan Jadi Wakil Ketua Komisi XI DPR

Perangkat GeNose yang dikombinasikan dengan software AI terlatih, mampu membedakan sampel napas yang diduga positif Covid-19 atau negatif Covid-19.

Saat ini, GeNose C19 telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan.

Baca juga : Reformulasi Anggaran Pendidikan PJP 2020-2035 Perlu Dipertajam

Kemarin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (BKS) meminta GeNose C19 digunakan di stasiun, dengan banyak penumpang. Agar jangkauannya lebih banyak dan merata.

“Kami serahkan ke Dirut KAI untuk menyebar ke 10 atau 20 kota. Kami ingin GeNose digunakan di stasiun yang penumpangnya banyak, supaya lebih teruji. Sosialisasi merata ke seluruh Jawa,” kata BKS saat meninjau penggunaan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (3/2).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.