Dewan Pers

Dark/Light Mode

Anggota Komisi I Dukung Indonesia Jadi Pelopor 5G

Jumat, 7 Mei 2021 07:38 WIB
Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha (Foto: Net)
Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kalangan DPR mendoakan keinginan Presiden Jokowi yang ingin menjadikan Indonesia sebagai pelopor pengembangan teknologi 5G bisa terwujud.

“Harapan dan keinginan Presiden Jokowi agar Indonesia tidak hanya menjadi konsumen atau pengguna, kita doakan dan dukung. Perlu tindak lanjut dan langkah nyata untuk mewujudkan keinginan itu,” kata Anggota Komisi I DPR Syaifullah Tamliha di Jakarta, kemarin.

Menurut dia, cepat atau lambat Indonesia akan memasukkan era 5G yang menawarkan sejuta manfaat

Berita Terkait : BUMN Jasa Survei Siap Kolaborasi Untuk Majuan Indonesia Timur

bagi kehidupan manusia, dan mampu mengubah cara hidup serta bekerja masyarakat.

Wakil Ketua Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini mengatakan, teknologi 5G menawarkan lebih banyak keunggulan dibandingkan jaringan 4G yang telah digunakan saat ini. Akses data akan lebih cepat.

“Kita juga ingin akses penggunaan teknologi 5G bisa merata di seluruh Indonesia. Jangan hanya dirasakan di wilayah kotakota besar,” katanya.

Berita Terkait : Anis Matta : Partai Gelora Dan PKS Beda Platform Indonesia Masa Depan

Syaifullah berharap, teknologi 5G juga bisa menopang perkembangan sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pendidikan dan Riset, Pertahanan Keamanan, Kesehatan, Ketenagakerjaan dan sektor lainnya.

Ketua DPP PPP ini juga mengatakan, Indonesia jangan hanya menjadi smart digital user, harus mampu mencetak smart digital specialist, menciptakan ahli teknologi yang handal dan mampu bersaing.

“Termasuk menggenjot smart digital preneur yang mengembangkan kewirausahaan dan membuka lapangan kerja,” kata Syaifullah.

Berita Terkait : Demokrasi Indonesia Merosot

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan catatan penting bagi perkembangan teknologi yang pesat. Dia meminta Indonesia harus menjadi bagian produsen teknologi.

Indonesia harus memperoleh manfaat maksimal dari perkembangan teknologi dan perkembangan teknologi yang sangat cepat.

“Apalagi nanti akan dimulainya konektivitas digital 5G. Hati-hati, kita jangan hanya menjadi pengguna,” ujar Jokowi ketika membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2021 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/5). [KAL]