Dark/Light Mode

Lazada Tutup Akses Barang Impor

Wakil Ketua MPR Ajak Beli Produk Dalam Negeri

Rabu, 4 Agustus 2021 22:42 WIB
Wakil Ketua MPR Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan mendukung langkah dari Lazada Indonesia yang menutup akses perdagangan barang impor pada tiga klaster industri, yakni klaster tekstil dan fashion, klaster kuliner, dan klaster kerajinan. Penghentian perdagangan barang impor pada tiga klaster tersebut dimulai pada Selasa, (3/8).

Syarief Hasan menilai, langkah Lazada Indonesia patut didukung sebagai bentuk perhatian dan keberpihakan terhadap produk dalam negeri.

"Saya atas nama Pimpinan MPR dari Partai Demokrat mengapresiasi langkah manajemen Lazada Indonesia yang telah memberikan ruang seluas-luasnya kepada UMKM dalam memasarkan produk-produknya," ungkap Syarief Hasan dalam keterangannya, Rabu (4/8).

Baca juga : Eks Penyidik Bongkar Komunikasi Wakil Ketua KPK Dan Wali Kota Tanjungbalai

Syarief menyatakan, berbagai produk impor telah mengambil pangsa pasar dari produk lokal. Beberapa waktu terakhir, serbuan barang-barang asing kian marak di beberapa marketplace yang ada di Indonesia. Akibat serbuan tersebut, produk lokal tergeser dan bahkan berpotensi mati. Sehingga dibutuhkan langkah nyata dan keberpihakan untuk mendukung produk-produk dalam negeri.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat ini juga mendorong pemerintah lebih memberikan ruang dan menyediakan dan meningkatkan pasar produk-produk dalam negeri.

"Presiden Jokowi telah menggaungkan semangat Cintai produk-produk dalam negeri. Namun, semangat tersebut juga harus diikuti dengan langkah nyata lewat penyediaan bantuan mutu produksi hingga pemasaran produk-produk lokal," ungkapnya.

Baca juga : Wakil Ketua MPR Sepakat Senayan Jadi RS Darurat Corona

Syarief menyebut, produk-produk dalam negeri juga memiliki kualitas yang baik sehingga masyarakat perlu didorong membeli produk lokal.

"Kita memiliki produk-produk lokal yang berkualitas, mulai dari sepatu, pakaian, kerajinan tangan, kuliner khas yang telah mendunia, hingga terbaru sepeda buatan Indonesia yang digunakan oleh beberapa atlet mancanegara di Olimpiade Tokyo 2020," sebutnya.

Dia juga terus mendorong pemerintah mendukung UMKM dalam menciptakan barang dan jasa berkualitas. Misalnya dengan mempertemukan UMKM dengan BUMN dan perusahaan swasta lainnya yang dapat membantu permodalan, produksi, hingga pemasaran produk UMKM, serta mendukung UMKM naik kelas.

Baca juga : Nakes Wisma Atlet Wafat, Ketua DPD: Ini Kehilangan Besar Untuk Negara

Politisi Senior Partai Demokrat ini juga berharap, pemerintah memberikan perhatian dan keberpihakan terhadap proses digitalisasi UMKM. Sebab, selama ini, UMKM hanya mengambil 10 persen ceruk pasar digital yang dikuasai oleh produk-produk asing.

"Pemerintah harus fokus dalam pengembangan digitalisasi UMKM sehingga UMKM dapat naik kelas, menyesuaikan dengan perkembangan digital, dan menghasilkan produk-produk dalam negeri yang berkualitas," harap Syarief. [ONI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.