Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Jadi Pembaca Teks Proklamasi, Puan Pakai Baju Adat Budo Kanduang Sumbar

Selasa, 17 Agustus 2021 13:21 WIB
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ist)
Ketua DPR Puan Maharani. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani mendapat, tugas membacakan teks proklamasi pada upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta.

Puan tampil dengan mengenakan pakai adat Budo Kanduang asal Lintau, Tanah Datar, Sumatera Barat. Busana adat yang disebut juga dengan Limpapeh Rumah Nan Gadang biasa dipakai perempuan Minang di Minangkabau, Sumatera Barat. 

Baca juga : Pimpin Upacara di Istana Merdeka, Jokowi Pakai Baju Adat Lampung

Puan memakai busana Bundo Kanduang bernuansa krem, merah, dan emas. Puan juga memakai Tingkuluak Balenggek, penutup kepala yang berasal dari Lintau, Tanah Datar

Busana Bunda Kanduang biasa dipakai pada acara adat seperti pernikahan, pengangkatan datuak, dan lainnya. Makna dari busana ini simbol dari pentingnya peran seorang ibu dalam keluarga.

Baca juga : Presiden Pakai Baju Baduy, Nurbaya: Bentuk Keberagaman Dan Kebhinekaan

Sementara, saat menghadiri Sidang Tahunan MPR, Puan mengenakan pakaian adat Payas Agung Bali. Busana adat Bali yang dikenakan politisi PDIP itu merupakan salah satu pakaian tradisional kebesaran bangsawan Bali dengan kain songket khas Bali dan kain tenun Gringsing. 

Puan juga mengenakan Gelungan Payang Agung Bali sebagai hiasan kepala dengan bunga sandat di bagian mahkotanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.