Dark/Light Mode

Jaga Produksi Migas

PLN Amankan Pasokan Listrik Buat Blok Rokan

Sabtu, 26 Juni 2021 07:33 WIB
PLN tengah menyiapkan pasokan listrik andal untuk Blok Rokan. (Foto : Dok. PLN).
PLN tengah menyiapkan pasokan listrik andal untuk Blok Rokan. (Foto : Dok. PLN).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN berkomitmen menjaga keandalan pasokan listrik dan uap untuk mendu­kung pengoperasian Blok Rokan, baik saat masa peralihan maupun secara jangka panjang.

Untuk diketahui, penge­lolaan Blok Rokan meru­pakan penyumbang 25 persen dari total produksi minyak nasional, yang mulai 9 Agustus 2021 akan beralih dari Chevron Pa­cific Indonesia ke PT Per­tamina Hulu Rokan (PHR).

Baca juga : Jaga Produksi Migas, Ini Strategi PLN Amankan Pasokan Listrik Blok Rokan

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, se­lama dikelola oleh CPI, pasokan listrik untuk blok Rokan ini berasal dari Pem­bangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 300 Megawatt (MW) yang di­miliki PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara (MCTN), di mana mayoritas saham­nya dimiliki Chevron Stan­dar Ltd (CSL).

Apabila pasokan listrik ke Blok Rokan terhenti, maka dampaknya akan sangat fatal. Dan hal ini akan sangat mengganggu pencapaian lifting dan produksi migas nasional.

Baca juga : Dipegang PHR, Produksi Minyak Blok Rokan Dijamin Tetap Joss

“Saat ini kami sedang bernegosiasi dengan MCTN. Semoga dalam waktu yang tidak terlalu lama kita bisa tercapai ke­sepakatan, sehingga saham MCTN 100 persen milik PLN,” ujarnya, melalui siaran pers, Kamis (24/6).

Guna menjamin paso­kan listrik dan uap dalam operasional WK Rokan, pihaknya dan PHR telah menyepakati dan menan­datangani Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik dan Uap (PJBTLU) pada 1 Februari 2021 lalu.

Baca juga : LaNyalla Serukan PLN Ringankan Beban Masyarakat Miskin

Nantinya, dalam me­layani kebutuhan listrik dan uap Blok Rokan, PLN merencanakan dua tahap, yaitu masa transisi dan masa permanen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.