Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Puji Faunaland Indonesia Kembangbiakan Satwa Langka

Jumat, 3 September 2021 19:16 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo bermain dengan singa putih yang ada di balik dinding kaca. (Foto: Istimewa)
Ketua MPR Bambang Soesatyo bermain dengan singa putih yang ada di balik dinding kaca. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Pembina Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, sebagai negara mega biodiversity, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati sangat besar. Sebanyak 17 persen satwa dunia ada di Indonesia. Indonesia telah menjadi rumah bagi 300 ribu lebih satwa liar, 515 jenis mamalia, hingga 1.539 jenis burung. 

Data tahun 2013 dari Uni Internasional untuk Konservasi Alam menunjukkan, Indonesia juga memiliki beragam satwa endemik yang hanya hidup di alam Nusantara. Antara lain seperti Harimau Sumatera, Jalak Bali, Burung Maleo Sulawesi, Badak Jawa, dan Lutung Jawa.

Baca juga : Mondelez Indonesia Dukung UMKM Kembangkan Bisnis Kuliner

Secara keseluruhan, satwa endemik Indonesia terdiri dari 259 jenis mamalia, 384 jenis burung, serta 173 jenis amphibi. Harus diakui, banyak di antaranya terancam punah akibat perburuan liar maupun perusakan hutan. 

“Karenanya, apresiasi perlu diberikan kepada berbagai pihak yang konsisten menjalankan kegiatan penangkaran dan pengembangbiakan satwa sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai berkunjung ke penangkaran dan pengembangbiakan satwa PT Faunaland Indonesia milik Danny Gunalen dan Ruddy Salim, di Bekasi, Jumat (3/9).

Baca juga : Kampanye Pilpres Jangan Jadi Ajang Permusuhan

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, selain memiliki penangkaran dan pengembangbiakan satwa, PT Faunaland Indonesia juga mengelola kebun binatang, Faunaland Ancol, di Kawasan Ecopark, Ancol, Jakarta, sebagai bagian dari pendidikan, konservasi, dan wisata satwa. PT Faunaland Indonesia mengajak masyarakat untuk mencintai satwa sekaligus mendukung pelestarian dan pemanfaatan satwa untuk pembangunan berkelanjutan.

"Faunaland telah menjadi Jendela Fauna Nusantara. Terdapat koleksi satwa dari berbagai daerah Nusantara yang terbagi dalam berbagai zona. Antara lain Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku, Papua, serta Nusa Tenggara dan Bali. Faunaland juga telah berhasil mengembangbiakan berbagai fauna seperti kuda poni, keledai, singa, hingga landak jawa," jelas Bamsoet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.