Dark/Light Mode

Covid-19 Mulai Terkendali, Lestari Imbau Tingkatkan Kewaspadaan

Senin, 20 September 2021 20:02 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta seluruh pihak meningkatkan kewaspadaan untuk mempertahankan tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air.

"Yang kita perlukan saat ini adalah kewaspadaan semua pihak dalam memulai berbagai aktivitas di saat tren jumlah kasus positif Covid-19 terus menurun," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/9).

Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian Covid-19 mencatat kasus positif Covid-19 per Minggu (19/9) bertambah 2.234 orang. Sehari sebelumnya kasus positif Covid-19 terjadi penambahan 3.385 kasus. Sementara total pasien sembuh pada hari yang sama tercatat 6.186 orang.

Baca juga : Selain Covid-19, Menko PMK Ingatkan Malaria Perlu Diwaspadai Saat PON

Sejumlah indikator sebaran Covid-19 itu mengalami penurunan, tetapi pemerintah tetap melanjutkan perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Meski masih dalam koridor kebijakan PPKM, ingat Lestari, sejumlah kegiatan di beberapa daerah sudah diizinkan untuk dibuka kembali dengan pengawasan protokol kesehatan (prokes) dan persyaratan vaksinasi dari para penyelenggara kegiatan di area tersebut.

Sejumlah pelonggaran kebijakan yang saat ini dilakukan, menurut Rerie sapaan akrab Lestari, jangan malah menjadi pendorong masyarakat untuk berkegiatan dengan lebih banyak orang. Apalagi pelaksanaan prokesnya tidak mampu diawasi dengan baik.

Baca juga : Covid Terkendali, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Waspada

Pengalaman di sejumlah negara, ujar Rerie, penyelenggaraan acara-acara perayaan keagamaan dan tradisi yang melibatkan ribuan orang mengembalikan tingkat penularan Covid-19 ke titik puncak setelah sempat dinyatakan terkendali.

Ledakan kembali kasus positif Covid-19 di sejumlah negara itu, tegasnya, harus benar-benar menjadi pelajaran bagi semua elemen bangsa agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Inti dari pelaksanaan kegiatan di masa tren jumlah kasus positif Covid-19 terus menurun, menurut Rerie, adalah pengawasan pelaksanaan prokes yang baik sehingga kegiatan yang melibatkan interaksi banyak orang itu terkendali.

Baca juga : Perpres Pendanaan Pesantren Wujud Komitmen Jokowi Tingkatkan Kualitas Santri

Karena itu, tegas anggota Majelis Tinggi Partai Nasdem itu, pembukaan kembali pusat-pusat perbelanjaan, sekolah dan kampus, lokasi-lokasi wisata dan warung makan serta restoran, menuntut kewaspadaan dari pengelola sejumlah tempat tersebut dan masyarakat.

Rerie menduga, ada kemungkinan kebijakan PPKM berlevel akan terus dilonggarkan dengan evaluasi secara reguler, seiring  berkurangnya jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air.

"Namun, disiplin untuk tetap menjalankan prokes di setiap kegiatan harus menjadi kesadaran bersama demi kewaspadaan agar penyebaran virus Corona di tanah air dapat terus dikendalikan," tandasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.