Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Beberkan Prestasi Pengurus Era 2002-2005

Bamsoet Berharap KNPI Segera Bersatu Lagi

Rabu, 20 Oktober 2021 21:37 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyambut baik penyelenggaraan Rapat Pimpinan Paripurna Nasional Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) oleh Ketua Umum KNPI Haris Pertama, di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (20/10). Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini mengungkapkan, sebagai mantan ketua dan alumni KNPI periode 2002-2005, dirinya sangat bangga karena KNPI ketika itu telah menorehkan berbagai prestasi yang tercatat sebagai bagian dari sejarah perjalanan bangsa hingga dewasa ini. DPP KNPI yang pertama kali mempelopori penyelenggaraan Debat Calon Presiden yang diliput secara langsung berbagai media. 
 
"Banyak orang lupa atau tidak mau tahu bahwa KNPI lah yang pertama kali menyelenggarakan Debat Kandidat Capres. Sebuah legacy yang diwariskan KNPI dalam membangun demokrasi guna menjamin lahirnya kepemimpinan bangsa Indonesia yg berkualitas dan bermartabat," ujar Bamsoet, saat berbicara di rapat KNPI itu secara virtual, Rabu (20/10). 
 
Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, DPP KNPI ketika itu juga menyelenggarakan dialog kebangsaan yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Napak Tilas Nusantara dari Papua-Aceh yang telah merumuskan berbagai pemikiran sebagai implementasi dari semangat reformasi. Dialog Kebangsaan ini dilanjutkan menjadi acara TVRI yang dilaksanakan tiap pekan dengan menampilkan tokoh pemuda berprestasi sebagai narasumber. 
 
DPP KNPI juga menerbitkan secara berkala Jurnal Resonansi sebagai wahana para pemuda Indonesia menorehkan gagasan dan pemikiran akademis. Kata Bamsoet, setiap penerbitan, Jurnal Resonansi menjadi materi diskusi di berbagai perguruan tinggi terkemuka di republik ini. 
 
"Sengaja saya menyebut beberapa prestasi pada periode kami tersebut, dengan harapan menjadi inspirasi dan motivasi bagi KNPI yang terbelah-belah saat ini menjadi bersatu kembali. Saya yakin bahwa pengurus KNPI sekarang mampu berbuat lebih dari itu," jelas Bamsoet. 
 
Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, sejak awal pendiriannya pada tahun 1973, KNPI merupakan wadah pemersatu pemuda Indonesia melalui organisasi kepemudaan (OKP). KNPI merupakan miniatur Indonesia. Di dalam KNPI terdapat beragam elemen bangsa yang mencerminkan realitas objektif kebangsaan Indonesia yang majemuk. Dalam kebhinekaan itu, para pemuda Indonesia dipertemukan di dalam wadah KNPI dan berkomitmen untuk mengembangkan potensi kreatif masing-masing, saling bersinergi, bagi kemajuan bangsa. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.