Dark/Light Mode

Survei NEW INDONESIA

Prabowo-Puan, Ganjar-RK, Dan Anies-AHY Pasangan Pilpres Terkuat

Selasa, 30 November 2021 16:32 WIB
Temuan survei elektabilitas Capres-cawapres oleh NEW INDONESIA Research & Consulting. (Foto: Ist)
Temuan survei elektabilitas Capres-cawapres oleh NEW INDONESIA Research & Consulting. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa Calon Presiden (Capres) kian marak dan mengerucut pada tiga besar, yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan. Bagaimana dengan pasangan Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang mendampingi dan diharapkan dapat meningkatkan elektabilitas Capres?

Temuan survei NEW INDONESIA Research & Consulting menunjukkan Prabowo paling kuat ketika berpasangan dengan Puan Maharani, Ganjar dengan Ridwan Kamil, dan Anies dengan Agus Harimurti Yudhoyono.

"Prabowo-Puan, Ganjar-RK, dan Anies-AHY muncul sebagai pasangan capres-cawapres terkuat," ungkap Direktur Eksekutif NEW INDONESIA Research & Consulting Andreas Nuryono dalam siaran pers di Jakarta, Selasa (30/11).

Baca juga : PDI Perjuangan Juara, Nasdem Merangsek Tiga Besar

NEW INDONESIA melakukan simulasi dengan memasangkan tiga capres terkuat (Ganjar, Prabowo, dan Anies) dengan enam nama yang memiliki peluang kuat maju sebagai cawapres (Puan, RK, AHY, Sandiaga Uno, Erick Thohir, dan Airlangga Hartarto).

Hasilnya, pasangan Prabowo-Puan mendapat dukungan terbesar (50,3 persen) dibandingkan jika berpasangan dengan nama-nama yang lain. Pasangan kuat lainnya adalah Ganjar-RK (45,4 persen) dan Anies-AHY (34,3 persen).

Menurut Andreas, pasangan Prabowo-Puan merepresentasikan poros koalisi dua partai politik besar, yaitu PDIP dan Gerindra. Sedangkan Anies-AHY berpeluang didukung oleh poros Nasdem yang dikomandoi oleh Surya Paloh.

Baca juga : Wacana Prabowo-Puan Buka Peluang Ganjar-Sandiaga Jadi Paslon Capres-Cawapres 2024

"Kuatnya dukungan publik terhadap Prabowo-Puan dan Anies-AHY memperlihatkan mulai terbangunnya dua poros utama yang didukung oleh kekuatan partai-partai politik, dalam hal ini PDIP-Gerindra dan Nasdem," tandas Andreas.

Sementara itu, Ganjar-RK berpeluang didukung oleh partai-partai lain yang belum tergabung dalam kedua poros.

"Jika Prabowo-Puan dan Anies-AHY didukung elite parpol, Ganjar-RK mewakili figur kepala daerah berprestasi di dua provinsi terbesar Pulau Jawa," lanjut Andreas.

Baca juga : Survei DTS: Prabowo Capres Paling Dikenal, Ganjar Elektabilitas Tertinggi

Pasangan lain yang potensial adalah Ganjar-Erick (30,1 persen) dan Prabowo-Sandi (21,3 persen). Pasangan lain dengan Anies relatif lebih tersebar, dan angka tidak tahu/tidak jawab paling tinggi (10,7 persen).

Menariknya, dukungan publik terhadap Airlangga sangat kecil ketika dipasangkan dalam ketiga simulasi. "Tampaknya berat bagi Golkar untuk memimpin poros politik sendiri," pungkas Andreas.

Survei NEW INDONESIA Research & Consulting dilakukan pada 11-20 November 2021 terhadap 1200 orang mewakili seluruh provinsi. Metode survei adalah multistage random sampling, dengan margin of error ±2,89 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.