Dark/Light Mode

Audiensi Dengan Wapres Ma'ruf Amin, PKP Sampaikan Komitmen Kawal Pemerintahan

Kamis, 9 Desember 2021 14:46 WIB
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan (DPN PKP) Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien saat bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, di Jakarta, Rabu (8/12). (Foto: Ist)
Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan (DPN PKP) Mayor Jenderal TNI Marinir (Purn) Yussuf Solichien saat bertemu dengan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin, di Jakarta, Rabu (8/12). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
PKP juga meminta pemerintah untuk melaksanakan pembangunan nasional yang berorientasi ke bidang maritim untuk membangun Indonesia sebagai negara maritim yang kuat, sejahtera dan berwibawa sebagai poros dunia.

Yussuf juga mengingatkan, banyaknya institusi penegakan hukum di laut menyebabkan terjadinya high cost bagi pelaku usaha pelayaran dan perikanan serta tumpang tindihnya penegakan hukum di laut.

Baca juga : Pantau Erupsi Semeru, Kemendagri Kirim Tim Pendamping Pemerintahan

"Untuk itu kami merekomendasikan agar seluruh institusi penegakan hukum dilaut diintegrasikan dalam sebuah komando tunggal yaitu Badan Keamanan Laut (Bakamla) satu-satunya institusi penegak hukum selain TNI angkatan laut sesuai dengan fungsi asasinya," saran Yussuf.

PKP juga menyoroti soal pertahanan dan keamanan negara. Konflik di laut Natuna Utara, menghendaki kehadiran kekuatan militer indonesia. Pemerintah harus memperkuat pertahanan dengan melaksanakan pembangunan kekuatan dan kemampuan serta moderinasi TNI angkatan laut dan TNI angkatan udara.

Baca juga : Andika Jenderal Romantis

PKP meminta kepada pemerintah agar dalam pengadaan alutsista (alat utama sistem senjata) TNI wajib dibangun di dalam negeri. Pembangunan alutsista merupakan salah satu faktor dalam pemulihan perekonomian nasional.

"Pembangunan kapal perang akan menghidupkan 2.000 UKM yang akan memasok peralatan-peralatan nonkombatan yang pada akhirnya dapat menyerap tenaga kerja," tutur Yussuf.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Indonesia Siagakan Militer Skala Penuh

Dia juga meminta pemerintah terus memberantas korupsi. Para koruptor yang tidak mempunyai hati nurani dan sangat merugikan masyarakat, menurut PKP, layak ditembak mati. "Penegakan hukum yang kuat dan aturan hukum yang tegas, harus dilakukan tanpa pandang bulu," tuturnya.

Wapres Ma’ruf Amin menyambut baik kehadiran ketua umum PKP beserta jajarannya, sekaligus mengucapkan selamat untuk pengurus baru PKP. Dia mendoakan seluruh pengurus PKP bisa meloloskan partai ini menjadi peserta Pemilu 2024, sampai tingkat DPR. "Semoga 2024 bisa masuk parlemen," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.