Dark/Light Mode

Survei CISA: PDIP Makin Ajeg Di Puncak

Jumat, 10 Desember 2021 16:42 WIB
Logo PDIP (Foto: Istimewa)
Logo PDIP (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei bertajuk Performa Pemerintah dan Tren Elektoral Terkini yang dirilis Lembaga Analis dan Konsultan Sosial Politik Indonesia, Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) pada hari ini Jumat (10/12), kembali mengukuhkan PDIP sebagai partai yang paling banyak dipilih publik, jika Pemilihan Legislatif (Pileg) dilakukan pada hari ini.

Partai berlambang banteng itu sukses mengungguli partai politik lainnya dengan elektabilitas sebesar 24,92 persen. 

Baca juga : PDI Perjuangan Di Puncak Klasemen, PSI Stabil

Tren elektabilitas ini naik bila dibanding periode riset sebelumnya pada Agustus 2021 yang hanya mencapai angka 24,58 persen, dan Mei 2021 yang mentok di angka 18,91 persen.

Di belakang PDIP, Demokrat menyusul dengan angka 18,83 persen, Partai Golkar 13,09 persen,  Partai Gerindra 10,5 persen, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 10,25 persen, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 6,5 persen, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 5,75 persen.

Baca juga : Survei IPO: Prabowo Mulai Ditinggalkan, Pemilih Lirik Sandiaga Uno

“Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 3,66 persen, sedangkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hanya mendapatkan 2,92 persen serta ada 3,58 persen yang memilih parpol lainnya,” kata Herry.

Survei yang merupakan review termin keempat atau sesi terakhir survei CISA di tahun 2021, mengambil data penelitian pada 1-7 Desember 2021 dan melibatkan 1.200 responden di 34 provinsi secara proporsional.

Baca juga : Survei CNN: PDIP Dan Golkar Paling Difavoritkan

Survei dengan metode simple random sampling ini memiliki margin of error 2,85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.