Dark/Light Mode

Survei IPO: Prabowo Mulai Ditinggalkan, Pemilih Lirik Sandiaga Uno

Minggu, 5 Desember 2021 09:07 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei elektabilitas yang digelar Indonesia Political Opinion (IPO) menunjukkan, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kian ditinggalkan pemilih.

Dalam survei ini, elektabilitas tertinggi diraih Gubernur DKI Anies Baswedan yang dipilih 21,3 persen responden. Disusul, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpareskraf) Sandiaga Uno di posisi dua dengan raihan 13,8 persen.

Baca juga : Jokowi: Pola-pola Jadul Harus Ditinggalkan, Investor Harus Dapat Pelayanan Terbaik

"Membaca tingkat popularitas, elektabilitas dan penerimaan publik terhadap tokoh-tokoh potensial terutama Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto, terlihat mencolok jika Prabowo mulai ditinggalkan beralih ke Sandiaga Uno yang mulai merangkak naik menggantikan Prabowo," ujar Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra dalam diskusi virtual, Sabtu (4/12).

Sementara di posisi tiga, nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo muncul dengan 11,6 persen. Kemudian ada Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di posisi empat dengan 10,2 persen.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Pemerintah Tak Tergantung Utang

Nama Prabowo baru muncul di posisi lima dengan raihan 8,4 persen responden. Setelahnya, ada nama Ridwan Kamil (7,5 persen), Zulkifli Hasan (4,2 persen), Puan Maharani (2,9 persen), Khofifah Indar Parawansa (2 persen), dan Erick Thohir (1,2 persen).

Ada beberapa faktor yang digunakan dalam menilai elektabilitas nama yang diprediksi muncul dalam Pilpres 2024 tersebut. Faktor tersebut di antaranya prestasi, wibawa, kejujuran, ketegasan, dan religiusitas.

Baca juga : Sri Mul: Defisit Anggaran Terus Turun

Menurut Dedy, hasil survei kali ini cukup menarik untuk dicermati. Soalnya, Prabowo yang justru digadang Gerindra, elektabilitasnya justru kian turun, berbalik terbanding dengan Sandiaga Uno. 

Bahkan, dalam skema tokoh menteri paling disukai, Sandiaga Uno berhasil menduduki posisi puncak dengan tingkat kesukaan publik sebesar 86 persen. Kemudian disusul Tri Rismaharini (82 persen) dan baru kemudian Prabowo Subianto sebesar (77 persen).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.