Dark/Light Mode

Survei SMRC

Massa Pemilih PDIP Dan PKB Paling Puas Dengan Kinerja Jokowi

Selasa, 19 Oktober 2021 22:22 WIB
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)
Presiden Jokowi (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) bertajuk Evaluasi Publik Nasional 2 Tahun Kinerja Presiden Jokowi yang dirilis pada Selasa (19/10) menyebutkan, mayoritas warga yang jumlahnya 68,5 persen masih sangat/cukup puas dengan kerja Presiden ke-7 RI.

Survei opini publik yang melibatkan 1.220 responden dan digelar pada 15-21 September 2021 itu mengungkap, kepuasan atas kinerja Presiden Jokowi berhubungan dengan evaluasi atas kondisi ekonomi, politik, keamanan, penegakan hukum, pemberantasan korupsi, dan penanggulangan wabah Covid-19.

Baca juga : 34 Persen Masih Ingin Jokowi 3 Periode

Semakin positif kondisi ekonomi, politik keamanan, penegakan hukum, pemberantasan korupsi, dan penanggulangan wabah Covid-19, semakin positif pula penilaian warga atas kinerja Presiden Jokowi.

Kepuasan terhadap kinerja Presiden Jokowi juga disebut berhubungan dengan pilihan politik.

Baca juga : Wapres Pimpin Rakor Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Di Manokwari

Mayoritas massa pemilih Jokowi di Pilpres 2019, merasa puas dengan kinerja Jokowi sebagai presiden. Sebaliknya, mayoritas dari pemilih Prabowo merasa tidak puas dengan kinerja Jokowi. Dari sisi massa pemilih partai, yang paling puas dengan kinerja Jokowi adalah massa pemilih PDIP (89 persen), selanjutnya PKB (76 persen).

Kepuasan paling rendah, ada pada massa pemilih PKS (39 persen), PAN (57 persen), PPP (57 persen), dan Gerindra (59 persen). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.