Dark/Light Mode

Hensat: Cawapres Tak Perlu Punya Elektabilitas Dan Popularitas, Tapi Isi Tas

Minggu, 12 Desember 2021 18:43 WIB
Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio. (Foto: Ist)
Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Politik Universitas Paramadina Hendri Satrio mengungkapkan, berdasarkan beberapa hasil survei, saat ini, tiga besar bakal calon presiden (capres) 2024 masih dipegang Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Nah nama-nama lain yang ramai disebut di bursa capres, kemungkinan besar akan berebut posisi calon wakil presiden (cawapres).

Baca juga : PDIP Dan PPP Sesumbar Menang Pileg Kota Tasik

"Itu akan menarik, karena bagi mereka, elektabilitas dan popularitas tidak begitu penting. Dari hasil penelitian saya yang paling berpengaruh adalah capres. Cawapres ini tidak akan mengisi gap elektabilitas dan popularitas capres. Mereka tak perlu elektabilitas atau popularitas, tapi 'isi tas', orang sugih (kaya) orang sejahtera," ujar Hensat, sapaan akrabnya, Minggu (12/12).

Dia pun menyebut beberapa nama yang disebutnya memenuhi kriteria itu. Di antaranya, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga : Makin Ditekan, Elektabilitas Ganjar Malah Makin Nanjak

"Jadi orang-orang yang sejahtera, yang memiliki isi tas mumpuni di panggung politik bisa mengisi calon-calon wapres di 2024. Capresnya adalah top of the top yang memiliki elektabilitas," tandas Founder Lembaga Survei KedaiKOPI ini. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.