Dark/Light Mode

Makin Ditekan, Elektabilitas Ganjar Malah Makin Nanjak

Senin, 15 November 2021 17:14 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Berbagai tekanan yang ditujukan ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, termasuk dari internal PDIP, sama sekali tidak berdampak negatif. Makin ditekan, elektabilitas Ganjar justru makin nanjak. 

"Buktinya apa? Nilai elektoral Ganjar melesat cukup baik," kata Direktur Eksekutif Politika Research & Consulting (PRC), Rio Prayogo, Senin (15/11).

Dalam survei PRC lewat pertanyaan tertutup tentang 21 tokoh politik, Ganjar berada di urutan kedua setelah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Baca juga : Survei DTS: Prabowo Capres Paling Dikenal, Ganjar Elektabilitas Tertinggi

Prabowo mendapatkan elektabilitas 21,1 persen sedangkan Ganjar 20,5 persen. Diikuti Anies Baswedan dengan 13,6 persen.

"Dalam temuan ini, kami tak bisa menemukan siapa yang lebih unggul, Prabowo dan Ganjar? Tapi yang bisa kami baca, Ganjar mengalami kenaikan elektoral yang cukup signifikan," ujar Rio.

Pada kesempatan yang sama, Rio juga menyoroti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Meski tak sefenomenal Ganjar Pranowo, elektabilitas Anies cenderung stabil di atas 10 persen dari waktu ke waktu.

Baca juga : Pertamina Pastikan Masyarakat Sekitar Kilang Cilacap Dalam Kondisi Aman

Di urutan keempat, terdapat nama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan elektabilitas 7 persen. Diikuti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 4,5 persen dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,3 persen.

Ketua DPR Puan Maharani menduduki posisi ke 10 dengan angka 1,6 persen dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto berada di urutan ke 18 dengan angka 0,3 persen.

Survei PRC yang dilakukan pada 8-9 Oktober, melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi dengan metodologi multi random sampling.

Baca juga : Elektabilitas Selalu Teratas, Putri Duterte Malah Ngelamar Posisi Cawapres

Jumlah responden laki-laki dan perempuan hampir sama, dengan tingkat kepercayaan atau margin of errors 2,9 persen. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.