Dark/Light Mode

Bakal Cagub Jakarta Dari PDIP

Hasto Sebut Risma, Baru Nama Lainnya

Sabtu, 8 Januari 2022 07:50 WIB
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mencicipi makanan hasil kreasi peserta Festival Kuliner Pendamping Beras di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mencicipi makanan hasil kreasi peserta Festival Kuliner Pendamping Beras di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (7/1/2021). (Foto: Putu Wahyu Rama/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah partai mulai mengelus-elus calon yang potensial diusung menjadi gubernur DKI Jakarta, lalu siapa yang akan diusung PDIP? Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto membeberkan sejumlah nama jagoan Banteng yang potensial diusung sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Nama Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma yang pertama disebut. Baru nama lainnya.

Hasto bilang, partainya punya banyak stok calon pemimpin yang lahir dari proses kaderisasi di sekolah partai. Hitungannya, mereka layak dicalonkan sebagai Gubernur DKI.

Kendati demikian, ia menegaskan, partainya sudah punya mekanisme yang jelas dalam penentuan calon. Keputusannya ada di tangan Ketua Umumnya, Megawati Soekarnoputri.

Baca juga : Airin Dimunculkan, Risma Belum Nongol

Hasto kemudian menyebutkan beberapa nama yang potensial diusung partainya untuk kontetasi Pilkada DKI Jakarta tahun 2024 mendatang. Mula-mula, ia menyebut nama Risma, baru kemudian Gibran Rakabuming Raka.

“Bu Risma dalam kepemimpinan selama dua periode di Kota Surabaya mampu menunjukkan perubahan yang signifikan,” ucap Hasto, di sela-sela acara Festival Kuliner Pendamping Beras di Gedung Sekolah Partai PDIP di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, kemarin.

Selain itu, jabatannya saat ini sebagai Menteri Sosial juga dianggap mampu menunjukkan perubahan yang signifikan. “Masyarakat Surabaya kita lihat sekarang merawat lingkungan dengan baik, melakukan tata kota yang mencerminkan keindahan kota Surabaya,” lanjutnya.

Baca juga : Ganjar Capres, Jaminan PDIP Menang 3 Kali Beruntun

Berbeda dengan Risma, Gibran, nilainya, masih perlu waktu untuk membuktikan kesuksesannya memimpin Solo. “Mas Gibran, beliau sudah terpilih sebagai Wali Kota Solo, tentu saja harus juga membuktikan bagaimana kepemimpinan Mas Gibran,” nilai Hasto.

Tak cuma Risma dan Gibran, jebolan UGM ini juga membeberkan nama-nama kepala daerah lain yang layak didorong untuk maju di Jakarta. Seperti eks Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Semarang Hendra Prihadi, eks Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono dan Bupati Gianyar I Made Agus Mahayastra.

“Cukup banyak calon-calon pemimpin, karena proses kaderisasi di sekolah partai,” sebutnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.