Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pilkada Jakarta Mulai Rame

Airin Dimunculkan, Risma Belum Nongol

Rabu, 5 Januari 2022 07:25 WIB
Airin Rachmi Diany. (Foto: Dok. Golkar)
Airin Rachmi Diany. (Foto: Dok. Golkar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain Pilpres, Pilkada Jakarta yang akan digelar 2024 juga sudah mulai rame. Banyak tokoh yang sudah dimunculkan untuk gantikan Anies Baswedan. Mulai dari Ahmad Sahroni sampai Airin Rachmi Diany. Namun, anehnya nama Menteri Sosial Tri Rismaharini yang selama ini disebut bakal maju di Ibu Kota belum nongol.

Munculnya nama Sahroni dan Airin dilempar oleh Ketua Teritorial Pemenangan Pemilu Jawa 1 DPP NasDem Effendy Choirie, Selasa (4/1)

Menurut Effendy, NasDem tertarik menduetkan pasangan Sahroni dan Airin yang merupakan kader Golkar. Kedua pasangan ini sudah ideal. Karena bisa saling melengkapi. Selain juga dianggap pas memimpin Ibu Kota, karena tipikal kedua orang ini hamble dan punya paras menarik.

Berita Terkait : Imin Dan PKB Beda Nasib

Selain Sahroni dan Airin, Effendy juga menilai, Ketua DPD Golkar DKI, Ahmed Zaki Iskandar bisa dijadikan calon wakil gubernur mendampingi Sahroni.

“Antara dua itu lah. Dari NasDem tentu Sahroni. Tapi memang Airin menarik, Zaki menarik, orangnya baik, kedua-duanya baik semua,” cetusnya.

Selain tiga nama di atas. Kandidat yang digadang-gadang bakal muncul adalah Ahmad Riza Patria, yang saat ini menjabat sebagai wakil gubernur. Sosok lain yang juga dianggap layak adalah Silvyana Murni, mantan birokrat dan Ketua Komite 3 DPD RI dapil DKI Jakarta.

Berita Terkait : Putin Senangkan Umat Islam

“Saya kira kita tidak bisa menutup mata pada kapasitas politisi-politisi Kebon Sirih sebagai kandidat Gubernur DKI. Saya melihat potensi yang siap muncul dan bertarung seperti Bang Misan, Pak Taufik maupun Hasbialah,” ungkap pengamat politik Universitas Nasional (Unas), Yusuf Wibisono.

Tentu publik telah mengenal Silviana Murni, karena pernah ikut kontestasi saat mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilkada DKI lalu. Sementara Muhammad Taufik adalah kader senior Gerindra yang kini jadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarat Anggota.

Sementara Misan Samsuri merupakan politisi senior partai Demokrat. Putra Betawi yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI dan secara berturut-turut telah menjadi wakil rakyat selama tiga periode. Sedangkan Hasbiallah Ilyas merupakan Ketua Partai dan Fraksi PKB DPRD DKI Jakarta.

Berita Terkait : Urusan Liburan, Rakyat Tak Bisa Dilarang-larang

Yusuf berpesan, agar masyarakat Jakarta harus lebih cerdas menatap Pilkada DKI ke depan. Menurutnya, tidak boleh hanya populer di mata publik melalui serangkaian strategi pencitraan. Namun juga memiliki pemahaman dan pemaknaan akan kompleksitas masalah Jakarta.
 Selanjutnya