Dark/Light Mode

Nasib PAN Ditentukan Setelah Idul Adha

Minggu, 30 Juni 2019 10:11 WIB
Ketum Partai Amanat Nasional/PAN (tengah) . (Foto: Istimewa).
Ketum Partai Amanat Nasional/PAN (tengah) . (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sikap politik PAN pasca putusan MK akan ditentukan dalam rapat kerja nasional (rakernas). Rakernas akan digelar setelah Idul Adha.

Wasekjen PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, selain sikap PAN soal koalisi, rakernas juga akan mengevaluasi pencapaian PAN di Pemilu 2019.

“Dalam rakernas nanti, PAN diharapkan dapat memutuskan langkah politik yang akan diambil. Karena itu, masukan, pandangan dan usulan wilayah dan daerah menjadi sangat penting,” kata Saleh.

Karena itu juga, ujarnya, evaluasi internal nanti akan melibatkan jajaran pengurus partai di wilayah dan daerah.

Baca juga : Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Dibawa Mudik

Menurutnya, introspeksi diri sekaligus melihat kelebihan dan kekurangan secara objektif dalam pemilu lalu sangat penting.

“Ini bukan soal posisi politik dalam sistem kekuasaan, namun ini lebih pada bagaimana memberdayakan semua potensi yang dimiliki oleh PAN dalam memberdayakan dan mewujudkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Mengenai sikap politik, apakah partainya akan masuk dalam koalisi pemerintah atau tetap menjadi oposisi, menurut Saleh sudah banyak masukan dan usulan. Namun lagi-lagi, secara resmi hal tersebut akan di bahas dalam rakernas.

“Sebenarnya sudah banyak usulan, masukan, dan suara yang disampaikan masyarakat terkait langkah yang perlu diambil PAN. Kita mengapresiasi semua usulan tersebut. Namun, PAN tentu saja harus melakukan pembicaraan secara internal. Usulan-usulan yang ada bisa dijadikan sebagai salah satu referensi dan rujukan,” jelasnya.

Baca juga : Pansel KPK Jilid V Ditantang Temukan Sosok Berintegritas

Kepastian Rakernas PAN digelar setelah Lebaran Idul Adha diutarakan Wasekjen PAN, Imam Putra Wahyu dalam keterangan tertulisnya. “Rencana setelah Idul Adha, Agustus atau September,” ujarnya.

Hingga saat ini, ujar Surya, perihal sikap partai pasca pembubaran koalisi adil makmur masih berupa pernyataan-pernyataan dari personal anggota. Sedangkan sikap resmi dari partai masih harus menunggu rakernas.

“Yang ada hari ini adalah riak-riak kecil dan sikap personal dari pengurus partai. Sikap PAN secara institusional resminya akan diputuskan dalam rakernas,” ujarnya.

Jika menjadi partai oposisi, kata dia, maka posisi PAN dalam pentas politik nasional menjadi partai oposisi yang kritis, konstruktif dan humanis. Serta menawarkan gagasan dan pandangan yang terus menerus untuk keberlangsungan bangsa.

Baca juga : Kyai Maruf Ucapkan Selamat Idul Fitri Pada Prabowo-Sandi

“Serta bagaimana negeri ini dikelola oleh yang berkuasa secara lebih adil, lebih maju dan bermartabat serta berdaulat,” jelasnya. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.