Dark/Light Mode

Ditugaskan Mega Jadi Juru Lobi Koalisi

Puan Sudah Pegang Separuh Tiket Capres

Sabtu, 25 Juni 2022 06:37 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Ist)
Ketua DPP PDIP Puan Maharani. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakernas PDIP memang tak mengumumkan capres yang akan diusung. Namun, separuh tiket capres banteng kini seperti sudah dipegang Puan Maharani. Analisis ini muncul setelah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menunjuk Puan yang merupakan putri tercintanya, menjadi juru lobi untuk melakukan penjajakan koalisi dengan partai lain.

Berbeda dengan parpol lain yang para elitenya sibuk melakukan penjajakan koalisi, PDIP tampak masih anteng saja. Puan mengatakan, partainya siap menjajaki kerja sama dengan semua partai yang ada. Ketua DPR ini mengatakan, bukan karena PDIP belum bertemu atau bersilaturahmi dengan parpol lain, kemudian dianggap PDIP sepertinya enggak mau bekerja sama. 

Baca juga : Diajak Jokowi Keliling IKN, Puan Senyum-senyum Saat Ditanya Di-endorse Jadi Capres

Puan memastikan, partainya akan mulai melakukan kerja sama setelah Rakernas II yang ditutup Kamis lalu. “Kita akan memulai melakukan silaturahmi, dan tadi saya diminta ibu Ketum sebagai Ketua DPR bisa ikut menjajaki kerja sama," kata Puan kepada wartawan, usai Rakernas, Kamis (23/6) malam.

Puan mengungkapkan sejumlah partai telah meminta untuk bertemu dengan Mega. Namun, tertunda karena pandemi Covid-19. "Bahkan Ibu selalu bilang saya enggak bisa ke mana-mana, ke depan Insyaallah Covid melandai kita jajaki pertemuan tersebut," katanya.

Baca juga : Pemuda Muhammadiyah Apresiasi Puan Dorong Pembangunan Museum Nabi Muhammad Di Indonesia

Apakah Puan mampu menjadi juru lobi PDIP? Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, Puan itu tokoh yang memiliki jaringan luas dan keluwesan dalam berkomunikasi. Dengan jam terbang dan rekam jejaknya, baik di legislatif maupun eksekutif,  Puan dinilai sebagai figur yang tepat untuk membicarakan hal-hal strategis, baik tingkat nasional maupun internasional.

“Dengan mandat khusus tersebut, peran tersebut akan dijalankan lebih efektif dan prospektif," kata Hendrawan, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam. 

Baca juga : Sebelum Tinggalkan Swiss, Kang Emil Teguhkan Cinta Untuk Eril

Hendrawan yakin, Puan pasti mampu menjabarkan harapan-harapan Ketum dalam membangun kerja sama antar parpol. "Ini penting untuk menjaga kebersamaan, komitmen dan konsistensi dalam pembangunan bangsa ke depan," ungkapnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.