Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kalau Lolos Ke Senayan

Partai Buruh Perjuangkan Jatah Makan Rakyat Kecil

Senin, 27 Juni 2022 07:40 WIB
Logo Partai Buruh. (Foto: Facebook)
Logo Partai Buruh. (Foto: Facebook)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Buruh sangat yakin lolos verifikasi pada pendaftaran partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), 1 Agustus 2022. Keyakinan itu didasarkan pada persiapan administrasi kepengurusan yang sudah hampir tuntas.

Sejauh ini, persiapan verifikasi untuk tingkat provinsi sudah 100 persen dan tingkat kabupatendan kota sekitar 93 persen. “Untuk tingkat kecamatan, dari 7.260 sudah 4.000 selesai. Lebih 50 persen. KTA juga 500 ribuan. Syaratnya KPU 214 ribu. Sudah lengkap begini, kalau nggak lolos kami siap demo,” ujar Sekretaris Jenderal Partai Buruh, Ferri Nuzarli kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Kualitas Udara Jakarta Buruk, Begini Penjelasan BMKG

Untuk memastikan semua kelancaran prosesnya, sebelum Agustus, pihaknya bakal melakukan verifikasi internal terlebih dahulu. Yakni dengan mengecek administrasi secara faktual. “KTA kita periksa satu per satu dengan rigid. Takutnya, ada yang bukan kader dan KTP asli. Bisa nggak lolos. Kita spesifik dan intens jangan sampai terganjal urusan KTA,” tambahnya.

Setelah dinyatakan lolos verifikasi saat pendaftaran, serta dinyatakan sebagai peserta Pemilu, Partai Buruh langsung membuka pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) tanpa mahar, dan hanya wajib menjalankan 13 platform Partai Buruh yang isinya memperjuangkan rakyat kecil.

Baca juga : Moeldoko : Kalau Ada KSP Ke Kementerian, Itu Perintah Saya

“Selain tentu punya massa, ketokohan. Tetapi kami masih prioritas kader partai buruh, pemimpin-pemimpin buruh di daerahnya masing-masing. Meskipun, dari umum, artis, juga sudah ada yang mau mulai bergabung,” sebutnya.

Partai Buruh juga mulai menghidupkan sel-sel sayap organisasi untuk bergerak mencari kader sebanyak-banyaknya. Seperti Garda Rakyat, Pijar, Jamkes Wacth, dan sejumlah sayap organisasi lainnya yang tersebar di berbagai daerah.

Baca juga : Jasa Raharja Dorong Perluasan Marka Red Zone

Dikatakan, Partai Buruh punya tujuan mewujudkan negara kesejahteraan. Konsep negara ini tercermin dalam 13 platform buruh di antaranya, perlindungan dan peningkatan kesejahteraan rakyat kecil, ter­masuk buruh dan pekerja.

Dia berjanji, jika Partai Buruh lolos ke parlemen, dan apalagi berkuasa, pihaknya akan meloloskan aturan pro rakyat cilik. Salah satu unggulannya adalah program Jaminan Makan untuk Rakyat. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.