Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Koalisi Dengan Gerindra, PKB : Kita Pastikan Seirama

Sabtu, 2 Juli 2022 14:07 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PKB dinilai terlalu menggebu dalam menjalin koalisi dengan Gerindra sehingga belum memenuhi syarat koalisi. Tapi, Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda memastikan, langkah koalisi selama ini selalu seirama dengan Gerindra.

“Kita selalu memastikan langkah-langkah politik dalam koalisi seirama dengan Gerindra. Artinya tidak keluar dari kesepakatan kedua belah pihak. Jika dinilai terlalu mengebu mungkin sekadar bentuk ekspresi atau cara pengungkapan saja,” ujar Syaiful Huda, Sabtu (2/7).

Huda mengatakan, publik bebas memberikan penilaian atas langkah Gerindra dan PKB dalam mematangkan rencana koalisi. Menurutnya langkah politik Gerindra dan PKB tentu sudah didasarkan dengan berbagai pertimbangan matang.

Baca juga : Kementan Gelar Pelatihan Pencegahan PMK

Termasuk, kemampuan memenuhi presidential threshold, ketersediaan figure yang hendak diusung, hingga kesepakatan visi untuk melapangkan jalan menuju kesejahteraan rakyat.

"Tentu sebagai entitas politik tidak mungkin kita melangkah tanpa ada pertimbangan matang baik dari sisi ideal maupun praksis operasional. Nah jika ada yang meragukan itu, ya sah-sah saja, tetapi agak aneh karena merasa lebih tahu dapur orang lain," ujarnya sambil tersenyum.

Keseriusan koalisi antar kedua partai politik ini, lanjut Huda tercermin juga dari pernyataan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Menurutnya, pernyataan tersebut sudah memberikan gambaran dinamika kerjasama yang dilakukan PKB-Gerindra sejak beberapa waktu lalu.

Baca juga : Kolaborasi Dengan KNEKS, LPEI Kembangkan Industri Produk Halal

"Jadi apa yang disampaikan Pak Dasco itu benar, bahwasannya langkah koalisi Gerindra-PKB benar-benar dilakukan dua belah pihak secara serius. Tidak ada yang lebih mengebu satu sama lain karena kesepakatan yang ada didasarkan pada realitas politik yang ada," tuturnya. 

Huda mengungkapkan, kesepakatan kerja antara PKB dan Gerindra telah disosialisasikan hingga kader di tingkat akar rumput.

Bahkan telah dilakukan pertemuan antara pengurus di level wilayah baik antara DPW PKB mapun DPD Partai Gerindra di Jakarta, Kamis (30/6) lalu.

Baca juga : Petani Dorong Pemerintah Benahi Tata Kelola Harga Sawit

"Pertemuan tersebut menyepakati rencana-rencana kerja praksis seperti rencana lanjutan pertemuan formal antar DPC PKB dan DPC Gerindra se-Indonesia," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.