Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sekjen PDIP: Pemikiran Bung Karno Menyatu Dalam Bumi Marhaenis

Senin, 11 Juli 2022 19:20 WIB
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) saat melakukan peninjauan progres pembangunan gedung sekretarian DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, di Jalan Arcamanik Endah, Senin, (11/7/2022).
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kiri) saat melakukan peninjauan progres pembangunan gedung sekretarian DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, di Jalan Arcamanik Endah, Senin, (11/7/2022).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemikiran Soekarno tak bisa dilepaskan dari perjalanan hidupnya dan nilai-nilai kejuangan selama di Kota Bandung. Dalam realitas sistem ketatanegaraan, kita didalamnya selalu ada pemikiran Soekarno, terutama saat melahirkan Pancasila.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristiyanto saat melakukan peninjauan progres pembangunan gedung sekretarian DPC PDI Perjuangan Kota Bandung,  di Jalan Arcamanik Endah, Senin  (11/7/2022).

Hasto mengatakan, pemikiran Soekarno di Bandung salah satunya dipengaruhi dari pemikiran hasil perbincangan dengan sosok petani yang bernama Pak Marhaen. Dengan pemahaman marhaenisme menjadi konsep perjuangan melawan kapitalisme.

"Ajaran itu terbukti relevan hingga sekarang,” kata Hasto.

Baca juga : Dewan Pakar BPIP: Pemikiran Bung Karno Soal Papua Teruji

Hasto menyatakan, bahwa memahami konsep Bung Karno menjadi penting. Sebab sama dengan mempelajari pemikiran perjuangan politik menuju kemerdekaan Indonesia, dan hal itu  tidak bisa terlepas dari tradisi perjuangan para pemuda khususnya di kota Banĸung.

“Dalam gagasan-gagasan besar ini, Bung Karno, hadir sebagai pemimpin negarawan dan pembelajar yang baik,” kata Hasto.

Hasto melanjutkan, sebagai sosok pembelajar, Soekarno terus mengembangkan pemikiran kritisnya.

Lewat pemikiran itu pula, saat ini para pemuda di kota Bandung dapat melakukan kreasi dan terobosan dalam mengembangkan kepemimpinan Indonesia bagi dunia, dan kemudian membumikan dalam realitas kehidupan untuk mencari arah masa depan.

Baca juga : Eksponen 73 KNPI Sumut Ngarep Alumni Bersatu Dalam Perbedaan

“Soekarno melahirkan pemahaman tentang kebijakan politik kemerdekaan. Dengannya bangsa Indonesia membangun rasa percaya diri untuk menjadi pemimpin di antara bangsa-bangsa,” ujar Hasto.

Hasto menyebut, buah dari pemikiran politik Soekarno salah satunya adalah penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA), yang bebas dari pertarungan dua blok besar yang saling bertikai.

“Kepemimpinan Indonesia tersebut didasarkan pada ideologi Pancasila yang mengandung cita-cita bahwa kemerdekaan Indonesia ditujukan bagi persaudaraan dunia,” beber Hasto.

Terkait pemberian nama Gedung Sekretariat DPC PDI Perjuangan sebagai Rumah Kaum Nasionalis, Hasto berpendapat lebih baik menyebutnya dengan mengedepankan kearifan lokal.

Baca juga : Mendes PDTT: Kemiskinan Di Kebumen Menurun, Kualitas Pendidikan Meningkat

Dan yang paling pas Sekretariat DPC PDI Perjuangan ini dinamakan Bumi Marhaenis.

"Bumi Marhaenis diambil dari kata Rumah yang dalam bahasa sunda disebut Bumi,  sementara Kaum Nasionalis, yang lebih cocok dalam pemikiran Bung Karno di Bandung dengan istilah Marhaenis," ujar Hasto.

Di tempat sama, Ketua DPC PDI-Perjuangan Kota Bandung Achmad Nugraha mengatakan bahwa Bumi Marhaenis merupakan tempat untuk menanamkan rasa nasionalisme di Kota Bandung.

"Kita berharap Bumi Marhaenis bisa membumi di Kota Bandung, sehingga tidak hanya menjadi slogan saja, tapi juga nilai-nilai yang dapat diaplikasikan," terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.