Dark/Light Mode

Pengen Suara Kader Tak Pecah, PDIP Disaranin Ajukan Puan Capres 2024

Kamis, 4 Agustus 2022 13:07 WIB
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/IG
Ketua DPP PDIP Puan Maharani/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan relawan kepada Puan Maharani sebagai Capres 2024 terus menguat di berbagai daerah. Pengamat politik Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyarankan PDIP segera mengambil sikap, agar suara kader tidak terpecah.

Dedi mengatakan, munculnya deklarasi dukungan terhadap Puan Maharani menjadi presiden penerus Jokowi merupakan sinyal, orang nomor satu di Senayan itu disukai masyarakat dan diakui ketokohannya.

"Puan Maharani semakin menunjukkan ketokohannya di PDIP sebagai figur utama. Dia tidak saja menjadi wajah baru Megawati, tetapi lebih kuat dari itu, yakni sebagai capres potensial PDIP," ujar Dedi, Kamis (4/8).

Baca juga : 1.500 Perwakilan Desa Kabupaten Langkat Deklarasikan Ganjar Pranowo Presiden 2024

Menurut Dedi, cucu Presiden Soekarno itu menjadi magnet pemersatu di internal PDIP. Ketokohan Puan makin teruji, seiring dengan munculnya dukungan pemilih di akar rumput.

Keputusan partai terkait capres juga akan sangat berpengaruh pada soliditas PDIP, dan Puan layak diprioritaskan. Mengingat Puan merupakan trah Megawati, dan posisinya saat ini strategis sebagai pimpinan partai.

PDIP, menurut Dedi, membutuhkan figur yang dapat merekatkan keutuhan partai berlogo kepala banteng itu di masa yang akan datang pasca Pilpres 2024. Puan sosok perekat tersebut, karena mewarisi trah biologis dan ideologis Soekarno.

Baca juga : Ribuan Suara Warga Desa Garut Menggaungkan Ganjar Presiden 2024

"Puan menjadi simbol persatuan PDIP di masa mendatang, elite di PDIP harus menyadari itu dan menurunkan ego untuk memunculkan nama lain. Puan sudah memiliki kepastian politik untuk terusung," katanya.

Untuk diketahui, sejumlah kelompok masyarakat di berbagai daerah mendeklarasikan diri sebagai Relawan Pejuang Puan Maharani

Mereka berkomitmen bergerak serentak mensosialisasikan Puan kepada masyarakat sebagai Capres 2024. Dukungan itu terus menguat seiring citra Puan yang semakin baik di mata publik.

Baca juga : Johan Budi: Mbak Puan Maharani Sangat Layak Maju Capres

Puan seorang profesional dan pekerja keras, bukan tipe yang suka pencitraan, tapi lebih menekankan pada hasil kinerja dari tugas yang diembannya. 

“Makanya, kami perlu menyampaikan berbagai hal kepada masyarakat di akar rumput siapa Ibu Puan ini, dan kenapa layak menjadi presiden," ujar Syahrul Latif, Koordinator Relawan Pejuang Maharani Jawa Barat, Rabu (3/8).â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.