Dark/Light Mode

Soft Launching Koalisi, Sore Ini Cak Imin Dan Prabowo Jalan Bareng Ke KPU

Senin, 8 Agustus 2022 12:22 WIB
Ilustrasi Gerindra-PKB (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Gerindra-PKB (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra akan mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara bersamaan

Pendaftaran kedua partai yang sebelumnya sudah sepakat untuk berkoalisi ini, akan dilakoni pada hari baik dalam kalender Islam, bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444 H.

"Hari ini tanggal 10 Muharram dalam kalender Islam, pukul 15.00 WIB sore ini, PKB akan mendaftar ke KPU bersama Partai Gerindra. Ini hari baik. Pada 10 Muharram, umat Muslim juga dianjurkan untuk berpuasa sunnah Asyura. Puasa yang sangat mulia setelah Puasa Ramadhan. Ini bulannya Allah SWT," kata politisi PKB yang juga Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid.

Sebelum mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), PKB melakukan sejumlah prosesi sakral. Antara lain, dengan menggelar khataman Al Quran 30 juz.

Baca juga : Peringati Tahun Baru Islam, Muzani Dan Cak Imin Tampil Bareng

"Kita ingin pendaftaran dilakukan pada hari baik, agar diberikan keberkahan. Sebagai partai yang didirikan oleh para ulama,  PKB akan mengawali pendaftaran ini dengan khataman Al Quran 30 juz dan doa bersama di Kantor DPP PKB," jelas Jazilul, yang akrab disapa Gus Jazil.

Sebelum ke Kantor KPU di Jalan Imam Bonjol Jakarta, PKB akan memulai start dari tempat suci nan bersejarah, yakni di Masjid Sunda Kelapa.

Selain karena titiknya dekat dengan Kantor KPU, Masjid Sunda Kelapa juga merupakan masjid kuno bersejarah yang dibangun pada masa setelah kemerdekaan, yakni tahun 1960.

Masjid Sunda Kelapa merupakan salah satu tempat penyebaran agama Islam, sejak tempo dulu.

Baca juga : Duet Prabowo-Puan Ditolak Banteng Tua

"Jadi, kita mendaftar bareng Gerindra sebagai rekan partai koalisi. Kita lakukan di hari baik, dari tempat yang baik: masjid, dan diawali dengan cara yang baik: khataman Alquran. Insya Allah berkah. Semoga, kita mencapai kemenangan pada Pemilu 2024," beber Gus Jazil.

Nantinya, massa kedua partai juga akan berjalan bersama-sama. Longmarch dari Masjid Sunda Kelapa. Dimeriahkan marching band.

Prosesi pendaftaran yang dilakukan dengan cara sakral ini, menurut Gus Jazil, adalah semacam soft launching koalisi PKB dengan Gerindra.

"Nanti, Gus Muhaimin akan jalan bareng dengan Pak Prabowo menuju Kantor KPU," tuturnya.

Baca juga : Prabowo-Puan Tak Mungkin Berjodoh

Apakah ini sebagai tanda Gus Muhaimin resmi berpasangan dengan Prabowo?

"Ini soft launching lah. Yang jelas kita sepakat berkoalisi, capres-cawapres dari internal partai. Gus Muhaimin dan Pak Prabowo adalah dua kader terbaik di masing-masing partai. Soal siapa capres dab cawapres, itu teknis berikutnya kita bicarakan. Sekarang daftar dulu. Mohon doa semuanya. Semoga lancar dan sukses," papar Gus Jazil.

Selain PKB dan Gerindra, Partai Hanura dan Partai Republiku juga akan mendaftar pada hari ini. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.