Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bikin Koalisi Bertiga Bersatu Dengan Zul Dan Suharso

Airlangga Mulai Unjuk Kekuatan

Jumat, 13 Mei 2022 06:53 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa usai melakukan pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta, tadi malam. (KHAIRIZAL ANWAR/RM)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa usai melakukan pertemuan di kawasan Menteng, Jakarta, tadi malam. (KHAIRIZAL ANWAR/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Pemilu 2024, Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto mulai unjuk kekuatan. Tadi malam, Menko Perekonomian ini, menjamu dua ketum parpol, yaitu Ketum PAN, Zulkifli Hasan dan Ketum PPP Suharso Monoarfa. Usai pertemuan, Airlangga bicara soal koalisi “Bertiga Bersatu”.

Jamuan makan malam yang digagas Airlangga ini, digelar di Rumah Heritage, yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Rumah makan ini memang belum banyak diketahui awam. Bangunannya berupa rumah bergaya lawas dengan arsitektur kolonial Belanda. Sekilas seperti rumah biasa. Soalnya, tak ada plang atau papan nama yang terpasang di depan rumah. Cocok untuk menggelar pertemuan atau meeting private.

Lewat adzan Magrib, di lokasi ini mulai ramai. Mobil-mobil berdatangan. Membuat sedikit kemacetan di jalanan. Sekitar pukul 18.45, Zulkifli Hasan yang mengenakan kemeja putih, muncul di lokasi, lalu menyapa wartawan yang sedang menunggu.

Baca juga : Pertamina Berhasil Temukan Cadangan Migas Baru Di Sumatera Selatan

Mau membahas apa Pak Ketua? Kepada wartawan, Zulkifli bilang hanya silaturahmi biasa. “Saya ngopi dulu ya,” kata Zulhas, tersenyum, lalu masuk ke ruangan.

Sepuluh menit berselang, Airlangga tiba dengan mengenakan batik. Tak lama, giliran Suharso yang datang menyusul. Mengenakan batik lengan panjang, Kepala Bappenas ini hanya melambaikan tangan kepada wartawan dan bergegas masuk ke ruang pertemuan.

Dari luar ruangan, ketiga ketum parpol itu, terlihat asik ngobrol sambil sesekali menyeruput minuman. Di antara ketiganya, hadir juga Bendahara Umum Golkar Dito Ganindito, Waketum PAN Asman Abnur, dan Waketum PPP Muhammad Mardiono.

Baca juga : Tradisi Syawalan, Balon Udara Liar Beterbangan Di Angkasa Pulau Jawa

Satu jam kemudian, ketiganya lalu berfoto sambil bersulang minuman. Para elit parpol yang berkumpul berdiri sambil memegang gelas di tangan kanannya.

“Ini teh lemongrass,” kata Airlangga, memamerkan minumannya, sambil tersenyum. Setelah bersulang, ketiganya berfoto sambil tangan ke depan dan berpegangan tangan.

Kepada wartawan, Airlangga lalu mengatakan, mereka sepakat untuk membentuk koalisi dengan PPP dan PAN. Namanya, Bertiga Bersatu. Kerja sama tiga partai ini dimulai dari nasional, provinsi, kabupaten/kota. “Saat ini, kami mulai menyamakan program,” kata Airlangga.

Baca juga : Yeay...Waktunya Mudik Selamat Sampai Tujuan

Kata dia, tujuan koalisi ini untuk mengawal keberhasilan program pembangunan Presiden Jokowi sampai 2024. Airlangga tak membenarkan koalisi tersebut sebagai strategi pemenangan partainya di Pemilu 2024.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.