Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AHY-Puan Dijadwalkan Silaturahmi

Demokrat Jamin Nggak Terusik Dinamika Politik

Jumat, 30 September 2022 07:40 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat membenarkan adanya rencana pertemuan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani. Meski begitu, belum diketahui pasti, kapan dan di mana pertemuan itu akan digelar.

“Benar, ada info seperti itu, tapi detail waktu dan tempatnya saya belum update,” ujar Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Kamhar menegaskan, pertemuan AHY-Puan itu tidak akan terpengaruh dengan dinamika politik yang saat ini muncul antara kader Demokrat dan PDIP. Seperti diketahui, elit dua partai ini saling silat lidah di berbagai kesempatan.

Baca juga : Dibayangi Ancaman Topan Noru, Filipina Evakuasi Warga Pesisir

Misalnya, adu argument antara Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat, Andi Arief dengan politisi PDIP di Senayan, Adian Napitupulu. Sesama aktivis 98 itu berbeda tanggapan soal pernyataan AHY yang menyebut Pemerintah saat ini tinggal gunting pita atas program Pemerintahan SBY.

Adian bilang AHY salah data dan meminta kader Demokrat tidak menjerumuskan bosnya soal angka. Sejurus kemudian Andi Arief balik menyerang agar PDIP menggunakan energinya untuk mempengaruhi Presiden Jokowi untuk memperbaiki apa yang bisa diperbaiki.

Menurutnya, dinamika politik itu tidak akan menyurutkan pertemuan dua tokoh seperti AHY dan Puan. Baginya, politik yang sehat di dalam sistem demokrasi itu harus di bangun di atas dasar rasionalitas.

Baca juga : Pengamat: Supaya Nggak Jadi Bola Liar, Rakyat Harus Dikasih Penjelasan

Digambarkannya, pertemuan antara Puan dan AHY nantinya adalah pembicaraan dalam konteks politik kebangsaan dan kenegaraan. Untuk membangun bangsa, diperlukan semangat kolaborasi dan sinergitas yang terus dikedepankan.

“Jadi, ada saatnya bertanding, ada pula saatnya bersanding. Ini yang memerlukan kearifan dan kedewasaan pada penempatannya. Jadi kita tahu betul warna-warni yang beragam itu tak lebih tinggi dari Merah Putih,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan, Puan Maharani tetap akan melakukan safari politik dengan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat, AHY menjelang gelaran Pilpres 2024. Sekalipun, muncul pernyataan pedas dari partai-partai oposisi seperti Demokrat terhadap Pemerintah. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.