Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Literasi Digital Jadi Salah Satu Syarat Bangun Teknologi

Jumat, 5 Agustus 2022 18:26 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Teknologi informasi berkembang sangat cepat di masyarakat. Sayangnya, hal itu belum bisa diimbangi oleh perkembangan sumber daya manusia (SDM).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kadiskominfo Jatim), Hudiyono menganggap, kegiatan literasi digital hadir untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga : Kemenkop UKM: Akselerasi Adaptasi Digital UMKM Jadi Narasi Besar Di Ajang G20

"Memang saat ini sedang dibutuhkan literasi digital, kecepatan teknologi informasi masih belum balance dengan kemampuan SDM-nya, membangun teknologi merupakan hal yang lebih mudah dari membangun manusianya. Harus ada percepatan pembangunan SDM untuk mengimbangi perkembangan teknologinya," kata Hudiyono.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri pekan literasi igital yang diikuti ratusan peserta di Hotel Horison Trunojoyo, Kota Batu, Jawa Timur, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (5/8).

Baca juga : Mendag Dukung Kesejahteraan Petani Sawit Dengan Inovasi Teknologi

Kegiatan tersebut diadakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Diskominfo Jatim dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyelenggarakan Pekan Literasi Digital di Kota Batu.

Hudiyono menyebutkan, pekan literasi digital diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas masyarakat dan komunitas di Kota Batu agar dapat memanfaatkan teknologi digital dengan tepat guna dan bertanggung jawab.

Baca juga : Literasi Digital Harus Bisa Dorong Pancasila Jadi Living Ideology

Dalam laporan yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada Juni 2022, terungkap fakta kelompok umur 13-18 tahun memiliki tingkat penetrasi internet tertinggi dengan persentase 99,16 persen. Selanjutnya, diikuti kelompok usia 19-34 tahun yang memiliki penetrasi internet sebesar 98,64 persen.

Merespon hal tersebut, Kemenkominfo yang bekerja sama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menginisiasi program pekan literasi digital untuk kelompok masyarakat milenial dan komunitas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.