Dark/Light Mode

Salim Segaf Dapat Gelar Adat Datuk Maulana Sukmajaya Dari Lembaga Adat Melayu Siak

Senin, 7 November 2022 12:01 WIB
Ketua Mejelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri. (Foto: Ist)
Ketua Mejelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Menurut Dr. Salim banyak sekali khazanah dan keteladanan budaya khususnya dari Kerajaan Siak Sri Indrapura.

"Di awal negara ini berdiri Kerajaan Siak Sri Indrapura menyatakan bergabung kepada Republik. Bahkan Sultan Syarif Kasim II yang memimpin Siak saat itu menyumbangkan 13 juta gulden atau senilai Rp 1,4 triliun untuk membantu negara yang diberikan langsung kepada Presiden Sukarno," ungkapnya.

Baca juga : Mak Ganjar Bagikan Ratusan Paket Makanan Bagi Korban Banjir Langkat

Hal ini, lanjut Salim, menunjukkan kebesaran hati dan kesediaan berkorban bagi NKRI yang ditunjukkan oleh leluhur Kerajaan Siak Sri Inderapura. Sultan Syarif Kasim II dan Kerajaan Siak jasanya luar biasa bagi negara.

"Bisa jadi negara belum bisa membalas jasa-jasa Siak tapi setidaknya ijinkan kami mengucapkan terima kasih, jazakumullah khairan katsiran," tutur Salim.

Baca juga : Telkom Siapkan Sistem Data Katalog Nasional Satu Data Indonesia

Bangsa Indonesia, adalah bangsa besar, yang terdiri dari 17.000 pulau, 1.300 suku bangsa dan 715 bahasa serta 6 Agama resmi.

Dibutuhkan lebih banyak tokoh bangsa yang berpikir dan berjiwa besar seperti leluhur Kerajaan Siak Sri Indrapura. Yang tulus berkorban dan mencintai negeri ini.

Baca juga : Salim Segaf Peroleh Gelar I Waliuddin Karaeng Manaba Di Sulsel

Terakhir, Salim membagikan tiga kata kunci untuk membangun bangsa Indonesia. Yang pertama, cintai negeri dengan tulus. Kedua, jaga NKRI. Dan ketiga, bangun kolaborasi (kerjasama dan gotong royong).

"Inilah tanggung jawab kita bersama saat ini," tandas Salim. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.