Dark/Light Mode

Diduga Menular Lewat Mulut

Dinkes Imbau Warga Jangan Sembarangan Jajan Makanan

Kamis, 5 Mei 2022 19:52 WIB
Virus hepatitis A (Foto: Istimewa)
Virus hepatitis A (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengungkap dugaan penularan hepatitis akut yang menyebabkan tiga anak-anak meninggal.

"Diduga kemungkinan penularannya jalurnya oral. Berarti dari rute jalur saluran cerna seperti pola penularan kayak diare, tipes. Itu sementara diduga ya," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes DKI Jakarta, Lies Dwi Oktavia Rabu (4/5).

Baca juga : Lindungi Anak Anda Dari Hepatitis Akut Misterius, Jangan Pakai Alat Makan Bersama

Namun kata Dwi, pihaknya masih terus mendalami penularan hepatitis ini. Sebagai langkah antisipasi penularan penyakit ini, Dwi pun menyarankan, masyarakat memilih makanan yang sehat.

"Tidak tercemar, tidak terkontaminasi bakteri. Gara-gara misalnya ada dihinggapi laler. Kayak gitu-gitu menjadi penting, di samping selain itu ya masih mengikuti perkembangan juga. Lebih spesifik ini penularannya jalur apa sih yang lebih pasti, apakah jalur pencernaan atau jalur lain," bebernya.

Baca juga : Warga Serbu Taman Impian Jaya Ancol

Dwi meminta, warga tetap waspada terhadap makanan yang dikonsumsi. Waspada jika hendak makan atau jajan. Dia mengimbau masyarakat memilih makanan yang tertutup, dimasak sempurna, cuci tangan sebelum makan, dan tidak menggunakan alat makan bersama.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut ketiga anak yang meninggal akibat dugaan hepatitis akut mengalami beberapa gejala. Di antaranya, mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang dan mengalami penurunan kesadaran. (DRS)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.