Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Solo, Ganjar Dan Puan Mesra Bangeet, Cie...cie...

Selasa, 22 November 2022 07:15 WIB
Ganjar Pranowo berbincang dengan Puan Maharani. (Foto: Twitter Ganjar Pranowo)
Ganjar Pranowo berbincang dengan Puan Maharani. (Foto: Twitter Ganjar Pranowo)

 Sebelumnya 
Kata Puan, sesama kader Banteng harus tetap solid dan guyub. Dirinya menegaskan, dalam tubuh PDIP mengenai capres di 2024 diputuskan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Para kader PDIP harus sabar menunggu keputusan Mega.

"Saat masih menunggu kita harus solid bekerja untuk mengangkat PDIP," jelas Puan.

Baca juga : Sifat Religius Ganjar Pikat Dukungan Kyai Muda Bojonegoro

Sebelumnya, Puan dan Ganjar disorot karena tidak akur. Beberapa kali ke Solo, Ganjar tidak pernah menyambut Puan di bandara. Sebaliknya, Puan juga tidak pernah mengundang Ganjar di acaranya. Bahkan, saat acara Muktamar Muhammadiyah, keduanya terlihat menjaga jarak.

Apa kata pengamat soal kemesraan Ganjar dan Puan? Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, momen kemesraan Puan dan Ganjar menunjukkan sudah tidak ada lagi isu miring di antara keduanya. "Ini menunjukkan bahwa Puan dengan Ganjar sudah islah secara politik. Tak lagi saling dihadap-hadapkan," beber Adi.

Baca juga : Ganjar-Puan Duduknya Berjauhan

Hal ini juga menghilangkan narasi banteng vs celeng yang sempat ramai di tengah isu rivalitas Ganjar dan Puan. Ditambah lagi menurutnya kondisi internal PDIP pun terlihat kian kondusif. "Sambutan Ganjar terhadap Puan sementara ini setidaknya bisa menepis keduanya tengah berjarak," cetus pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu.

Meski demikian, Adi menilai, perlu dilihat sejauh mana hubungan keakraban keduanya berlanjut. Potret ini menjadi penegas Ganjar tegak lurus ke partai. Apapun judulnya Puan adalah replika politik Megawati dan PDIP saat ini. Figur penting di internal Banteng. "Tinggal ditunggu apakah islah politik ini langgeng atau tidak," ucap dia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.