Dark/Light Mode

Didukung PAN Kalsel

Ganjar Capres Makin Menguat

Jumat, 14 Oktober 2022 07:38 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Instagram Ganjar)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Foto: Instagram Ganjar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukungan ke Ganjar Pranowo maju sebagai capres terus mengalir. Kemarin, Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah itu, sebagai capres.

Dukungan DPW PAN Kalsel ke Ganjar itu, secara resmi disampaikan dalam acara deklarasi di Banjarmasin, Kalsel, kemarin. Deklarasi itu dibacakan langsung oleh Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin, diikuti jajaran pengurus dan ratusan kader.

"Kami, DPW PAN Kalimantan Selatan dan seluruh DPD PAN se-Kalimantan Selatan, mendeklarasikan dukungan terhadap Bapak Haji Ganjar Pranowo sebagai calon presiden Republik Indonesia tahun 2024," ucap Muhidin.

Baca juga : DPW PAN Kalimantan Selatan Deklarasi Ganjar Capres 2024 

Menurut Muhidin, keputusan menjadikan Ganjar sebagai capres dicapai dalam rapat internal DPW PAN Kalsel. Namun, DPW PAN Kalsel sendiri sebenarnya sudah sejak lama memantau karakter kepemimpinan, serta kinerja Ganjar, baik saat ini sebagai Gubernur Jawa Tengah, maupun bila dirunut kembali saat dia masih berkiprah sebagai anggota DPR. 

Di dalam rapat terakhir, jajaran pengurus DPW PAN Kalsel sepakat bahwa Ganjar merupakan sosok pemimpin cerdas yang kreatif, demokratis, bisa menemukan solusi bagi berbagai permasalahan rakyat.

"Baik dari aspek karakter maupun kinerja, jelas Ganjar adalah sosok pemimpin yang cocok untuk kebutuhan Indonesia ke depan. Kita sudah melihat hal itu begitu baik," tuturnya. 

Baca juga : Bu Mega, Setuju?

Dorong Hingga Ke KIB
Keputusan resmi DPW PAN Kalsel ini, kata Muhidin, akan diusulkan ke Dewan Pengurus Pusat (DPP) PAN agar Ganjar  bisa menjadi capres resmi PAN. Selanjutnya, keputusan pencapresan Ganjar oleh PAN diharapkan bisa berlanjut diperjuangkan di tingkat Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) di mana PAN juga menjadi anggota. 

"Setelah melihat sosok beliau, kami dengan senang hati deklarasi pada hari ini. Harapan kami, mudah-mudahan DPP PAN menerima suara akar rumput ini dan juga secepatnya mendeklarasikan Ganjar sebagai calon presiden resmi PAN serta mengkomunikasikannya ke KIB," papar Muhidin. 

Merunut ke belakang, fenomena munculnya nama Ganjar sebagai capres resmi usulan DPW PAN Kalsel ini, bukan sesuatu yang tiba-tiba. Pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN, 27 Agustus lalu, nama Ganjar memang sudah ramai diusulkan berbagai pengurus daerah dan akhirnya tercantum dalam sembilan nama bakal calon presiden yang akan diusung PAN pada Pilpres 2024. Sembilan nama itu dibacakan langsung Ketum Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan. 

Baca juga : Semoga Dapat Restu Dari KIB

Saat nama Ganjar dibacakan, suasana Rakernas PAN langsung meriah. Pembacaan nama Ganjar disambut sorak sorai gembira para kader yang hadir. Berbeda dengan tokoh-tokoh lain yang dibacakan sebelumnya.

Tidak mustahil fenomena munculnya nama Ganjar sebagai capres di internal PAN akan terus bergulir. Sebab, selama ini, berbagai survei juga selalu menunjukkan elektabilitas Ganjar selalu tinggi tidak hanya di kalangan pemilih PDIP, namun juga di internal partai lain.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.