Dark/Light Mode

Survei Indikator

Nanjak Terus, Elektabilitas Erick Sebagai Cawapres 2024

Kamis, 1 Desember 2022 19:48 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Survei Indikator Politik Indonesia bertajuk "Pacuan Kuda Elektabilitas Bakal Capres dan Peta Kekuatan Elektoral Partai Pasca-Deklarasi" yang dirilis pada hari ini, Kamis (1/12), menguatkan nama Erick Thohir sebagai salah satu figur potensial Cawapres 2024.

Direktur Eksekutif Indikator Burhannudin Muhtadi mengatakan, Erick merupakan salah satu figur yang mengalami kenaikan dukungan sejak Agustus 2022.

Nama-nama lain, cenderung meredup. 

"Tren Erick meningkat dari 8,5 persen pada riset Juni 2022, menjadi 9,6 persen dalam survei saat ini," kata Burhanuddin, Kamis (1/12).

Baca juga : Ganjar Teratas, Elektabilitas Anies Naik Setelah Dicapreskan, Prabowo Anjlok

Erick yang menjadi salah satu menteri dengan kinerja terbaik, sekaligus kesayangan Presiden Jokowi, memiliki basis massa yang solid dengan ragam latar belakang.

"Kalau kita melihat, basis Erick.itu kebanyakan pemilih kota, anak muda, Nahdlatul Ulama, dan nonmuslim," ujar Burhanuddin.

Mayoritas pemilih Erick atau 19,2 persen menginginkan mantan Presiden Inter Milan itu berpasangan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sementara 7,3 persen lainnya, ingin menduetkan dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Baca juga : Indikator: Simulasi 3 Nama, Elektabilitas Ganjar Tertinggi

Hanya sebagian kecil atau 3,9 persen yang ingin memasangkan Erick dengan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Erick punya kecocokan dengan Ganjar, dan hampir memiliki kesamaan basis pemilih. Lumrah, kalau elektabilitas keduanya bagus saat simulasi survei. Basisnya Ganjar mirip dengan Erick. Wajar, jika ada yang menginginkan Erick jadi pendampingnya Ganjar," jelas Burhanuddin.

Survei Indikator yang melibatkan 1.220 responden dari 34 provinsi itu, dilakukan pada 30 Oktober hingga 5 November 2022.

Para responden dipilih berdasarkan hasil penarikan sampel, menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancara secara tatap muka.

Baca juga : PN KAHMI Muda Indonesia Deklarasi Serentak Dukung Erick Cawapres

Survei ini memiliki angka toleransi kesalahan atau margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.