Dark/Light Mode

Prestasi Ekonomi Bikin Elektabilitas Airlangga Meroket

Selasa, 22 November 2022 05:50 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panel Survei Indonesia (PSI) menggelar survei jajak pendapat dengan tema Pengaruh Pemulihan Ekonomi terhadap Preferensi Masyarakat pada Pemilu 2024.

Direktur Eksekutif PSI Ahmad Loksukon mengatakan survei ini bisa menjadi ukuran bagi preferensi masyarakat dalam menentukan pilihannya di pemilu 2024.

Karena itu, PSI melaksanakan survei jajak pendapat untuk mengukur preferensi publik yang dipengaruhi oleh kinerja penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Pengamat: Pasangan Ganjar-Airlangga Paling Ideal

"Artinya masyarakat sudah punya ukuran yang jelas dalam menentukan preferensinya untuk memilih tokoh sebagai presiden di Pilpres 2024, dan masyarakat tidak lagi memilih seperti memilih kucing dalam karung," kata Loksukon dalam keterangannya, Senin (21/11).

Survei ini dilakukan sejak 27 Oktober sampai 12 November 2022 dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka. Ada pun responden terpilih di 34 provinsi dan populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum.

Yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random 2.100 responden. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar kurang lebih 2,14 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca juga : Selain Elektabilitas, Capres KIB Kudu Berintegritas Dan Pro Rakyat

"Hasil survei menunjukan dari 2100 responden terpilih sebanyak 79,6 persen menyatakan puas dengan hasil kinerja pemulihan ekonomi nasional akibat dampak Covid. Di mana perekonomian di level bawah dan menengah mulai bangkit dan bergairah," lanjutnya.

Hal ini sejalan dengan keinginan masyarakat terhadap sosok presiden 2024. Sebanyak 70,2 persen responden menginginkan sosok yang sudah memiliki kemampuan dan pengalaman dalam menangani perekonomian negara.

"Setelah dikerucutkan lagi, sosok ini jatuh kepada Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan 19,7 persen," sebutnya.

Baca juga : Survei INES: Pemilih Cerdas Inginkan Airlangga Presiden

Hal yang sama terdapat pada pertanyaan tertutup dengan diberikan simulasi nama-nama pada kertas kuisioner, dengan diberikan pertanyaan jika Pilpres digelar hari ini tokoh mana tertera di atas yang akan dipilih.

"Airlangga Hartarto kandidat terkuat yang terpilih dalam survei ini 25,3 persen dan pada posisi kedua diraih Ganjar Pranowo 17,2 persen, dan Prabowo Subianto 16,8 persen," jelas dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.