Dark/Light Mode

Golkar Siapkan Kader Terbaik di Semua Bidang

Selasa, 13 Agustus 2019 09:38 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Golkar sudah menyiapkan kader-kader terbaiknya di berbagai bidang untuk menduduki calon menteri. Selanjutnya, nama-nama tersebut akan diserahkan kepada Presiden Jokowi untuk dipilih.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada wartawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, kemarin.

Menurutnya, terkait nama menteri yang dipilih adalah hak prerogatif Presiden. “Kalau Golkar tentu menyerahkan ini hak prerogatif Pak Presiden. Namun Golkar menyiapkan kadernya di masing- masing bidang yang diperlukan,” ujar Airlangga.

Airlangga enggan menyebut berapa banyak kadernya yang akan disiapkan untuk diusulkan sebagai menteri. Namun, dia menyebut terdapat salah satu kader yang duduk dalam kabinet kerja saat ini yang akan dipertahankan.

Baca juga : Saling Telikung di Tikungan

“Ya yang sering kelihatan sekarang saja. Ya mungkin itu salah satu atau salah dua,” tambahnya. Terkait permintaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang meminta jatah menteri terbanyak ke Presiden Jokowi, Airlangga tidak masalah.

Menurutnya, permintaan PDIP merupakan aspirasi yang bebas disampaikan.

Sementara, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) optimistis tetap mempertahankan posisi menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi (Mendes PDTT) di Kabinet Kerja Jilid II. Meskipun saat ini PDIP secara terang- terangan juga mengincar posisi tersebut.

Ketua DPP PKB Lukman Edy mengklaim posisi Mendes PDTT sesuai dengan konsep partainya yang ingin membangun Indonesia dari wilayah desa.

Baca juga : Rayakan Idul Adha, Prabowo Kurban di Hambalang

“Kemendes (Kementerian Desa) itu sekarang menjadi sangat penting bagi semua pihak yang punya pandangan dalam membangun Indonesia harus dari desa atau bottom- up” ujarnya.

Namun, Lukman mengakui posisi Mendes PDTT terbuka bagi siapa saja yang dinilai Presiden Jokowi pantas, termasuk PDIP ataupun orang di luar partai politik yang memiliki kemampuan yang sesuai kriteria Jokowi.

Dia juga mengaku PDIP hampir sama dengan PKB yang ingin membangun dari desa. “PDIP saya anggap positif (mengincar posisi mendes PDTT) karena PDIP punya visi soal wong cilik dan wong cilik adanya di desa,” ujar Lukman.

PKB tak khawatir dengan posisi yang direbutkan dengan PDIP tersebut. Lukman mengklaim, sepak terjang kadernya selama memimpin Kementerian Desa sudah terbukti sangat baik.

Baca juga : 2 Perusahaan di DKI Dipaksa Perbaiki Cerobong

Bahkan, sebelum era Kabinet Kerja Jokowi-Jusuf Kalla, PKB sudah mengantarkan kadernya memimpin Kemendes era pemerintahan SBY. [MHS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.