Dark/Light Mode

Kuat Di Jabar

Kehadiran Ridwan Kamil Diyakini Bakal Dongkrak Suara Golkar Di Pilpres

Rabu, 18 Januari 2023 19:28 WIB
Ridwan Kamil di Kantor Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Golkar, Jakarta, Rabu (18/1). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)
Ridwan Kamil di Kantor Dewan Perwakilan Pusat (DPP) Golkar, Jakarta, Rabu (18/1). (Foto: Danu Arifianto/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Eksekutif Indostrategic Ahmad Khoirul Umam menyebut, Jawa Barat menjadi provinsi yang memiliki jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) terbanyak dalam skala nasional.

Sehingga, tak heran bila ada ungkapan untuk menang dalam Pilpres 2024 mendatang harus menang di Jawa Barat.

"Artinya, peserta pemilu serentak tahun depan membutuhkan suara Jawa Barat. Kalau misalkan bisa menyapu bersih suara pemilih di Jawa Barat, saya pikir itu berpotensi menjadi pemenang,” kata Ahmad Khoirul Umam kepada wartawan di Jakarta, Rabu (18/1).

Pria yang juga guru besar ilmu politik di Universitas Paramadina itu menegaskan, saking pentingnya pemilih di Jawa Barat bagi para kontestan pemilu, penguasaan suara di Tanah Pasundan wajib dilakukan.

Baca juga : Waspada, Hamilton Diyakini Bakal Bangkit

”Karena itu, untuk menang di pilpres 2024 secara umum, penguasaan basis di Jawa Barat adalah hal mutlak,” tuturnya.

Umam mengungkapkan, berdasar data yang dimilikinya, di Jawa Barat terdapat lebih dari 204,5 juta suara yang akan diperebutkan pada pesta demokrasi tahun depan. Dari angka tersebut, 58 persen diantaranya merupakan suara pemilih di Jawa.

Karena itu, bila kontestan pemilu tahun depan menang di Jawa Barat dan kemenangan itu dikombinasikan dengan kemenangan di Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, atau Banten, peluang menang semakin besar.

"Perimbangan suara Jawa Barat dengan daerah lain di Jawa juga penting. Jadi, pertarungannya memang di Jawa,” imbuhnya.

Baca juga : Pakde Karwo Bakal Dongkrak Elektabilitas Golkar Di Jatim

Tidak hanya Umam, Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno pun menyampaikan, Jawa Barat merupakan salah satu lumbung suara terbesar untuk pemilu di Indonesia.

”Jawa Barat adalah lumbung suara penting yang mesti direbut jika ingin menang pilpres,” kata dia.

Adi mengungkapkan, dengan jumlah pemilih terbanyak di Indonesia, Jawa Barat menjadi idola bagi kontestan pemilu.

Dia bahkan menyatakan, menang di Jawa Barat bisa menutup kekalahan di wilayah lain yang jumlah pemilihnya tidak signifikan.

Baca juga : Pemerintah Dongkrak Ekonomi Di Perbatasan

”Sangat rasional klaim yang menyebut menang di Jawa Barat adalah kunci menuju kemenangan. Dengan catatan di wilayah kunci lainnya seperti Jawa Timur dan Jawa Tengah juga menang,” bebernya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.