Dark/Light Mode

Bertemu Di Demokrat

Anies-AHY Senyumnya Lebar Banget

Jumat, 3 Februari 2023 08:00 WIB
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (kedua kiri), mantan Presiden PKS Sohibul Iman (kiri) dan Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto (kanan) melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, kemarin. Pertemuan tersebut mematangkan Koalisi Perubahan. (Foto: Istimewa).
Anies Baswedan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya (kedua kiri), mantan Presiden PKS Sohibul Iman (kiri) dan Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto (kanan) melakukan pertemuan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, kemarin. Pertemuan tersebut mematangkan Koalisi Perubahan. (Foto: Istimewa).

 Sebelumnya 
Baru sekitar pukul 6 petang, pertemuan hangat ini kelar. Anies, AHY dan tim kecil Koalisi Perubahan sempat dicegat oleh awak media. “Kami baru saja berdiskusi sekaligus rapat tim kecil dengan semangat kebersamaan,” kata AHY menjawab rasa penasaran awak media, terkait apa yang dibahas oleh elit Koalisi Perubahan selama 2 jam itu.

AHY bilang, koalisi tiga partai, yakni NasDem, Demokrat dan PKS saat ini makin hari makin solid. Tidak seperti isu-isu miring yang berhembus belakangan ini.

“Kami akan terus menjalankan misi bersama dengan Anies Baswedan mulai sekarang sampai Pemilu 2024,” tegas politisi yang pernah berkarir di TNI ini.

Baca juga : Anies Berusaha Keras Wujudkan Impian

Giliran Anies, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku bersyukur karena NasDem telah menyatakan sikap politiknya sejak 3 Oktober 2022, disusul Partai Demokrat pada tanggal 26 Januari 2023, dan PKS pada tanggal 30 Januari 2023.

“Kami sampaikan terima kasih dan ini adalah bagian dari perjalanan ke depan, makin solid dan makin siap untuk langkah-langkah ke depannya,” ucap Anies.

Dalam pertemuan tersebut, Anies mengaku berdiskusi dengan tim kecil koalisi untuk meng-update perkembangan terkini secara langsung dan membahas persoalan teknis.

Baca juga : Koalisi Perubahan Sulit Mencapai Kesepakatan

Kepala Bakomstra DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menegaskan bahwa Koalisi Perubahan adalah satu-satunya koalisi capres saat ini yang sudah punya nama bacapres.

Koalisi 3 partai ini sudah cukup syarat ambang batas presidential treshold (PT) untuk mendapatkan tiket maju di Pilpres 2024 nanti. Jika digabung, Demokrat, NasDem dan PKS mengantongi dukungan suara mencapai 28,35 persen.

“Satu-satunya koalisi yang sudah punya bacapres, yang lain kan belum final,” kata Herzaky, kemarin.

Baca juga : Anies Bisa Lepas Dari Pelukan Paloh

Lalu, bagaimana dengan nama cawapres Anies, apakah sudah diputuskan? Herzaky mengakui bahwa hingga saat ini belum ada keputusan nama soal cawapres. Seperti diketahui, sebelumnya perkara cawapres juga sempat memunculkan isu ketegangan di internal Koalisi Perubahan. Karena ketiga parpol punya jagoan masing-masing.

“Tapi sekarang kita semua clear menyerahkan sepenuhnya ke bacapres, yakni Pak Anies. Kita memberi mandat kepada bacapres untuk mentukan bacawapres. Keputusan kami ini sekaligus untuk mnghentikan goreng-gorengan isu di luar itu,” pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.