Dark/Light Mode

Kalau Guruh Lunggana Cs Gabung

NasDem Dan Demokrat Ketiban Duren Runtuh

Jumat, 10 Februari 2023 07:25 WIB
Guruh Tirta Lunggana. (Foto: Istimewa)
Guruh Tirta Lunggana. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai Demokrat & Partai Nasional Demokrat (NasDem) membuka pintu selebar-lebarnya untuk anak bangsa yang ingin bergabung, termasuk Guruh Tirta Lunggana, putra tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Putra Almarhum Haji Lulung. Kini, dia diketahui mendukung pencapresan Anies Baswedan.

“Karenanya kami sangat terbuka bagi Guruh yang, telah berkecimpung di politik jika berketetapan hati untuk hi­jrah berjuang bersama Partai Demokrat,” kata Deputi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, Kamhar Lakumani dalam keterangannya.

Diketahui Guruh bersama sejumlah mantan pengurus PPP DKI Jakara berkunjung ke kan­tor DPP Partai Demokrat, Di Jakarta, Selasa (7/2). Deputi Balitbang DPP Partai Demokrat, Syahrial Nasution yang ikut menyambut kedatangan Guruh mengatakan, salah satu tema yang dibahas dalam kunjungan itu tawaran Guruh untuk bergabung ke Partai Demokrat.

Baca juga : Demokrat Lantang Kritik Pemerintah

Menurut Syahrial, Demokrat punya kesamaan dengan mereka untuk mendukung Anies Baswedan maju dalam pencalo­nan presiden 2024. “Masih tahap awal pembicaraan. Tapi lebih ke­pada diskusi karena sama-sama untuk perubahan,” bebernya.

Hal senada ditawarkan Partai NasDem yang lebih dulu mnerima kunjungan Guruh. “Jelas pintu kami sangat terbuka. Apalagi kepada semua anak bangsa yang beritikad baik untuk berjuang bersama NasDem,” kata Wakil Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Hermawi Taslim dalam keterangannya, kemarin.

Diakuinya, sudah ada komuni­kasi antara Guruh Lunggana dengan NasDem. Tepatnya Minggu pekan lalu, Guruh Lunggana, lanjut Hermawi telah menyam­bangi Kantor NasDem. Guruh juga telah bersilaturahmi dengan NasDem DKI.

Baca juga : Demokrat Dan PPP Cuek Aja Tuh

“Kebetulan saya ada saat silaturahmi. Apalagi jelas be­liau akan mendukung Anies, karena berbagai alasan seperti hubungan historis Anies dengan almarhum ayahnya. Waktu itu sebelum mundur (dari DPP), be­liau menegaskan siap menerima konsekuensi atas keputusannya itu,” paparnya.

Sementara itu Direktur Eksekutif Voxpol Research dan Consulting Pangi Syarwi Chaniago menyakini, mundurnya anak Haji Lulung jadi malapetaka bagi Partai Ka’bah.

“Pasti amat berpengaruh bagi suara PPP. Apalagi punya grass­root yang cukup mengakar, pu­nya basis konstituen yang sudah lama almarhum ayahnya maintenance,” kata Pangi kepada Rakyat Merdeka, kemarin. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.