Dark/Light Mode

Banyak Parpol Berkunjung Ke Golkar

Pengamat: Faktor Positioning Partai Dan Figur Kepemimpinan Airlangga

Jumat, 10 Februari 2023 11:49 WIB
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Belakangan ini, kantor Partai Golongan Karya (Golkar) terlihat aktif dikunjungi beberapa partai politik. Dalam sepekan, setidaknya ada dua partai yang datang ke kantor partai berlambang pohon beringin ini, yakni NasDem dan PKS.

Tentu saja pertemuan itu bagian dari silaturahmi antar partai politik di Indonesia yang notabene menganut sistem multipartai. Namun lebih jauh, pertemuan tersebut juga sarat membahas kepentingan masing-masing partai.

Menanggapi hal itu, Pengamat politik dari Universitas Sumatera Utara, Indra Fauzan menilai kunjungan-kunjungan yang dilakukan partai tersebut bagian dari tahap membuka kemungkinan komunikasi yang efektif untuk peluang-peluang kerja sama.

"Partai-partai yang berkunjung melihat peluang adanya segala kemungkinan untuk membangun kemitraan politik yang efektif," kata Indra Fauzan, Jumat (10/2).

Baca juga : Golkar Gelar Rakornis Dan Bimtek Di Pulau Bali

Apalagi, kata Indra, Partai Golkar adalah partai besar dan sangat berpengalaman di kancah perpolitikan Indonesia. Mereka juga punya banyak elit-elit partai yang berpengalaman dalam pemerintahan.

"Sehingga Golkar punya positioning yang bagus baik dari jumlah kursi di parlemen, pergerakan partai dan juga hasil-hasil survey belakangan ini," tuturnya.

"Jadi wajar saja, Partai Golkar ini adalah partai yang punya pengaruh kuat untuk dapat ditarik koalisi," tambah Indra.

Bahkan, Indra juga menyebutkan tidak menutup kemungkinan jika partai-partai yang berkunjung ke Golkar ini nantinya akan dapat masuk dalam koalisi KIB.

Baca juga : Kang Emil Dan Pakde Karwo Gabung Ke Beringin, Pengamat: Bukti Golkar Masih Menarik

"Kalau ke KIB sepertinya ada peluang tapi 50-50, karena meskipun koalisi perubahan sudah sepakat mencalonkan Anies tapi masih rentan terpecah dan berubah. Sementara untuk masuk ke KIB, mereka hanya perlu komunikasi yang intens soal posisi tawar," prediksinya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Juru Bicara Gerakan BerkAH, Ikhwanul, bahwa aktifnya kunjungan beberapa parpol ke kantor DPP Golkar tentu saja tidak terlepas dari sosok yang memimpin partai tersebut.

Dia mengatakan, Airlangga Hartarto telah berhasil membawa citra Partai Golkar sebagai partai yang terbuka dan bersahabat.

"Ini dibuktikan dengan banyaknya partai lain yang sudah bersilaturahmi ke Partai Golkar," tutur Ikhwanul.

Baca juga : Bantuan Baznas Jadi Polemik, Ganjar Perintahkan Ditarik Dan Digunakan Membantu Warga Lain

Ikhwanul pun yakin, kepemimpinan Airlangga Hartarto yang inklusif dan komunikatif ini mampu memberi rasa nyaman parpol lain untuk bersilaturahmi dan bahkan, bergabung dengan Partai Golkar nantinya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.