Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pengamat: Punya Kapasitas Kepemimpinan, Airlangga Capres Paket Lengkap

Senin, 5 Desember 2022 09:36 WIB
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Foto: Dwi Pambudo/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menjadi sosok calon presiden yang diprioritaskan untuk diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan saat Pertemuan KIB, Rabu (30/11).

“Prioritas ya tentu Golkar sebagai pemenang pemilu nomor dua. Pak Airlangga prioritas, ya pantas, layak, pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres," ujar Ketum PAN yang akrab disapa Zulhas itu.

Baca juga : Di Rapimnas Kadin, Airlangga Dorong Pengembangan Ekonomi Digital

Sementara pengamat politik dari Akar Rumput Strategic Consultant (ARSC) Akbar Nugraha menilai, kompetensi dan kualitas kepemimpinan seorang capres merupakan faktor yang sangat penting khususnya pada Pilpres 2024 nanti.

Menurutnya, Airlangga memiliki kekuatan kapasitas kepemimpinan yang dibutuhkan tersebut. Menurut dia, berdasarkan berbagai riset, di era paska Jokowi, Indonesia butuh sosok pemimpin kapabel yang kompeten dalam memimpin bangsa dan negara.

Khususnya, dalam menghadapi situasi geopolitik dan global ekonomi yang kritikal.

Baca juga : Di Tengah Kompleksitas Tantangan Global, Siapa Capres Ideal?

'Kami lihat salah satunya itu ada pada sosok Airlangga Hartarto. Sosok ini cukup menarik dan mengejutkan kiprahnya. Ia mampu mengawal Indonesia sukses memimpin G20, mengawal perekonomian keluar dari ancaman krisis akibat pandemi. Sebagai Ketum Parpol, Airlangga juga berhasil memperkuat positioning Golkar dan berhasil pula membentuk KIB," jelas Akbar saat dihubungi wartawan, Minggu (4/12).

Akbar mengungkapkan, tantangan bagi Airlangga adalah bagaimana meningkatkan elektabilitas. Meski menurutnya faktor elektabilitas ini hanya sebagian dari variabel kompleks yang menentukan keputusan seseorang untuk menjadi capres.

Ada faktor lainnya yang lebih menentukan antara lain faktor otoritas dan kapasitas. Dari matriks perhitungan ini, dengan indikator kepemimpinan Airlangga di Partai Golkar dan KIB, juga sebagai Menko Perekonomian, membuatnya bisa dikatakan relatif punya kapasitas "paket lengkap” ketimbang sosok-sosok lainnya yang juga kerap disebut sebagai kandidat capres 2024.

Baca juga : Zulhas: Airlangga Capres Prioritas KIB

Hal yang sama diungkap pengamat politik dari UHAMKA Verdy Firmantoro. Ia menilai faktor 'kecerdasan politik' Airlangga memiliki pengaruh besar yang membuatnya sangat potensial sebagai calon presiden 2024.

“Dalam situasi politik saat ini yang rumit, Pak Airlangga mampu menakhodai KIB dengan baik, beliau berhasil membangun bargaining position yang strategis dalam konstelasi politik yang rumit sebagaimana hari ini,” ucap Verdy pada diskusi online yang diadakan platform sosmed Golkar2024, Kamis (1/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.