Dark/Light Mode

Qodari Ungkap Cara Jokowi Endorse Prabowo, Sering Bersama & Wakili Banyak Kegiatan

Jumat, 24 Februari 2023 13:36 WIB
Presiden Jokowi ditemani Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam suatu kegiatan. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi ditemani Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam suatu kegiatan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat komunikasi politik yang juga Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari melihat, endorse politik yang dilakukan Presiden Jokowi untuk capres 2024 tertuju ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Salah satu indikatornya, Jokowi sering bersama Prabowo di berbagai acara.

Qodari mengakui, saat ini memang muncul beberapa klaim Jokowi meng-endorse tokoh tertentu. Namun, baginya, endorse yang sebenarnya harus dilihat dari dua indikator. Pertama, seberapa sering Jokowi hadir bersama dengan tokoh tertentu. Kedua, tokoh tersebut sering mewakili Jokowi dalam menghadiri kegiatan tertentu. Dia melihat, dari dua indikator ini, mengarah ke Prabowo.

Baca juga : Kiai Muda Dukung Ganjar Gelar Doa Bersama Dan Bagikan Bantuan Ke Madrasah Di Tuban

"Misalnya ada acara olahraga, itu Pak Prabowo mewakili Pak Jokowi. Ini kan menarik. Beliau kan bukan Menpora, beliau kan Menteri Pertahanan. Ini lebih tepatnya dibaca sebagai endorsement ketimbang membaca nama-nama yang hadir di acara partai atau ormas," ucap Qodari.

Yang lebih penting diperhatikan, lanjut Qodari, jika ingin dapat suara dari Presiden Jokowi, maka calon tersebut harus memberikan sinyal. Pada titik ini, kata Qodari, sinyal yang paling kuat diberikan adalah dari Prabowo.

Baca juga : Tekan Angka Inflasi, Ganjar Targetkan Penurunan Harga Beras Dan Minyak Di Jateng

"Pak Prabowo memberikan sinyal kuat mau dukung Pak Jokowi. Kita lihat beberapa kali pidato Pak Prabowo, sering memuji Pak Jokowi dengan keteguhannya, keberaniannya, termasuk yang paling terakhir Partai Gerindra menyatakan sangat jelas dan tegas akan mendukung dilanjutkannya pembangunan IKN," terang Qodari.

Menurut Qodari, sinyal-sinyal seperti itu akan memberikan kode kepada pendukung Jokowi bahwa Prabowo akan melanjutkan pembangunan pemerintahan Jokowi. "Menurut saya, ketimbang Pak Jokowi (menyatakan dukungan secara terang), mending calon itu memberikan sinyal-sinyal atau kode sehingga nantinya menentukan ke mana suara Pak Jokowi akan memilih," kata Qodari.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.