Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Penganiayaan Anak Tak Terkait Politik Identitas

Senin, 27 Februari 2023 06:45 WIB
Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie. (Foto: Instagram @garacenat).
Wakil Dewan Pembina PSI Grace Natalie. (Foto: Instagram @garacenat).

 Sebelumnya 
“Untuk partai yang katanya antipolitik identitas, orang PSI malah sangat haus buat kaitin ke situ,” ujar @riyanwahyudi.

“Menuduh orang dengan tuduhan politik identitas. Padahal sendirinya yang selalu memainkan politik identitas. Mau heran tapi PSI,” sambung @jeffrySupriatna.

Akun @herry_zudianto mengatakan, tidak relevan dan jauh dari konteks jika membawa isu agama dalam kasus kriminalitas. Dia menyarankan lebih bijak dalam mengelola isu agama.

Pancasila itu ada sila ketiga, lanjut @icharis, tentang bagaimana mempersatukan Indonesia. Bukan, memecah belah untuk kepentingan elektoral PSI saja. “Thx (thanks),” ujarnya.

Baca juga : KCBI Hadiri Perayaan Ulang Tahun Ke-70 Tai Situpa Rinpoche

Menurut @aj7entj, Grace memancing keramaian dengan umpan politik identitas. Kata dia, sepengamatannya belum ada yang sampai bahas agama pelaku dan korban. Kalau pun ada, itu bukan major issue yang perlu diangkat. “Kalau mau naikin pamor PSI jangan gini-gini amat lah, Ibu Grace,” tuturnya.

Sementara, @robino_wijaya membela Grace. Menurutnya, Grace sedang berusaha menegaskan bahwa apa yang dilakukan Mario adalah kesalahan besar.

“Dia ingin menegaskan bahwa Mario (katolik) salah ya tetap salah, David (muslim) sebagai korban ya tetap wajib dibantu. Kok nyasar ke politik identitas,” ujarnya.

“Apapun agama David, dia adalah korban yang harus dibela, benar. Tidak penting di-expose apa agama David, apa agama pelaku, dll, benar. Apa yang menimpa David adalah tindakan kriminal yang harus dihukum seberat-beratnya, benar. Sabar ya Sis. Banyak yang lagi emosi,” ungkap @susyrizky.

Baca juga : Satu Dunia Bakal Terkena Getahnya

Seperti diketahui, kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Satriyo terhadap David Latumahina menjadi perhatian publik. Buntutnya, selain Mario didepak dari kampus dan jadi tersangka, jabatan ayah Mario, Rafael Alun Trisambodo, di Kementerian Keuangan juga dicopot.

Rafael kemudian mengundurkan diri sebagai Kepala Bagian Umum Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan II dan status Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemenkeu. Pengunduran diri terungkap dalam surat terbuka yang ia tulis dan beredar di media sosial.

Menteri Keuangan (Meneku) Sri Mulyani mengungkap kondisi David yang saat ini mulai membaik dibanding hari pertama perawatan. Namun, proses observasi dan perawatan David masih memerlukan waktu yang panjang.

Dia pun mendoakan David agar segera pulih dan memastikan proses hukum terus berjalan.

Baca juga : Sri Mulyani Dukung Langkah Hukum LBH Ansor

“Saya minta maaf. Saya tegaskan lagi proses hukum jalan terus saja, kita akan dukung penuh semuanya,” ucap Sri Mulyani saat membesuk David, Sabtu (25/2). ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.