Dark/Light Mode

Ridwan Kamil: Tahun Depan, Ada Tambahan 2 Juta Hak Pilih Baru di Jabar

Kamis, 2 Maret 2023 22:40 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) bersama Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) di Rapat Kordinasi Partai Hanura. (IST)
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) bersama Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (tengah) di Rapat Kordinasi Partai Hanura. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jawa Barat berpenduduk 50 juta jiwa dan memiliki hak pilih terbesar se-Indonesia yaitu 35 juta hak pilih. Laporan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutkan, akan ada tambahan 2 juta pemilih baru di Jabar pada Pemilu 2024.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Rakornas Partai Hanura yang berlangsung di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Kamis (2/3/2023).

Menurut Ridwan Kamil, di Jawa Barat setiap tahun ada 800 ribu ibu-ibu hamil dan sebanyak itulah kira-kira bayi yang lahir setiap tahunnya di Jawa Barat.

Baca juga : Ganjar Tambah 15 SMK Boarding Gratis Se-Jateng

"Maka dari sisi ini juga kami sangat besar, remaja membangun daerah dengan hati nurani," ungkap Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga memaparkan, bahwa republik ini semua punya saham, memiliki peranan dalam membangun NKRI ini.

"Kami Pemerintah Daerah juga punya saham melakukan perubahan-perubahan. Perlu kami laporkan, saya berakhir pada September dan sampai Desember 2022 Jawa Barat sudah mendapatkan hampir 500 penghargaan, baik dari dalam dan 11 luar negeri. Itu menandakan kami membawa 500 perubahan, dari gelap menjadi terang, semerawut menjadi lancar dari tidak ada menjadi ada," paparnya.

Baca juga : Ridwan Kamil Apresiasi Kinerja Asep Mulyana sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jabar

Menurut Ridwan Kamil, ekonomi terbaik di Jawa adalah di Jawa Barat dan tertinggi nasional, investasi tertinggi nasional di Jawa Barat. Tahun lalu kemiskinan provinsi lain tinggi, Jawa Barat turun dan turunnya tertinggi se-Indonesia.

"Lima tahun lalu, sebelum saya mulai ada 1000 desa miskin, tertinggal sangat tertinggal, tahun lalu dari 1000 desa tertinggal itu tersisa tinggal 0, tidak ada lagi desa miskin, desa tertinggal dan sangat tertinggal di Jabar," katanya.

Kinerja PNS, sambung Ridwan Kamil, sudah diperbaiki sehingga tidak ada jual beli jabatan, tidak ada korupsi di lingkungan Provinsi Jabar, kinerja PNS terbaik di republik ini juga dianugerahkan kepada Provinsi Jawa Barat.

Baca juga : Amerika Jatuhkan Sanksi Baru Ke Junta Myanmar

"Itu lah jika demokrasi memilih individu-individu yang niatnya bekerja dengan niatnya bekerja, niatnya motivasi membangun Indonesia," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.